Laskar Lontara Mudahkan Warga Urus Ijin Usaha

  • Bagikan
int Ilustrasi laskar


Pemkot Makassar melalui Dinas Koperasi dan UKM menargetkan sekira 700 UMKM masuk dalam program inkubator center yang nantinya dapat menjadi wirausaha baru dengan skala yang lebih besar.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Sri Sulsilawati,

mengatakan sejauh ini perkembangan UMKM di Makassar cukup bagus. Hanya saja pihaknya kini tengah memperbaiki proses pendataannya. Karena menurutnya, harus ada data dan profiling yang kuat tentang UMKM. Apalagi sebelum sudah menjadi targetnya dalam rakorsus kemarin.


"Dengan sistem yang dibangun ini, awalnya ada sekitar 13 ribu data UMKM namun saat diinventarisir hanya mencapai 5 ribu data saja,"katanya.


Lalu pihaknya kembali membuat format pendataan di RT/RW yang mana RT/RW menjadi koordinator lorong yang harus mengkoordinir, termasuk bagaimana mewujudkan Lorong Wisata (Longwis) bisa dijalankan. Berdasarkan pengamatannya, jumlah itu bakal bertambah seiring dengan banyaknya wirausaha baru saat terjadi pemutusan hubungan kerja ketika pandemi. Program pengembangan UMKM ini berintegrasi dengan longwis. Pembangunan data center ini, sebut dia, sebagai starting poin atau awal dari program inkubasi center. (rhm)

  • Bagikan