UT Permantap Tugas dan Fungsi Salut

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM –Direktur Universitas Terbuka (UT) Makassar, Drs Hasanuddin,MSi didampingi Penanggung Jawab Bidang Kerja Sama, Humas, dan Alumni Prof Dr H Abd Rahman Rahim,SE,MM, menggelar buka puasa bersama pengelola Sentra Layanan UT (Salut) yang ada di Sulsel. Amaliah Ramadan ini dilaksanakan, Kamis, 7 April 2022, di Rumah Makan Ulu Juku 2, Kafe Langit Lantai 5 Makassar.

Para pengelola Salut yang hadir dalam acara buka puasa adalah dari Bone, Wajo, Gowa dan Jeneponto. Sebelum berbuka, Direktur UT Makassar terlebih dahulu menjelaskan tentang tata kelola dan tata kerja UT di daerah masing masing. Khususnya dalam menghadapi masa perkuliahan semester 2022.2, serta kesiapan Salut menjalankan tugas dan fungsinya.

Salut, ungkap Andi Hasanuddin, adalah fasilitas UT berada di kota/kabupaten yang sangat strategis untuk memberikan dukungan layanan mahasiswa, calon mahasiswa atau anggota masyarakat terkait informasi ke-UT-an, kegiatan pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainnya.

Fasilitas layanan ini didukung perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi, dan perangkat lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk berlatih mengoperasikan komputer dan internet dalam mengakses sumber belajar dan informasi administrasi akademik secara online. Melakukan registrasi dan pemesanan bahan ajar secara daring, kegiatan belajar dan ujian secara online dan berbagai ragam layanan UT lainnya.

Sebagai perpanjangan layanan UT di kota/kabupaten, operasional Salut berada di bawah koordinasi dan supervisi kantor UT daerah atau disebut juga Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). Hasanuddin berharap para pengelola Salut menjalin kerja sama dengan mitra UT yang ada di daerah, termasuk Pokjar UT yang sudah ada di daerah selama ini.

Penanggung Jawab Kerja Sama, Humas, dan Alumni UT Makassar Prof Dr H Abd Rahman Rahim,SE, MM, menambahkan, guna lebih mempermantap tugas dan fungsi Salut akan dilaksanakan pelatihan pengelola agar dapat lebih terkoneksi dalam pengelolaan. Memberi pengetahuan praktis pengelolaan Salut dan pemanfaatan fasilitas IT UT, maka seluruh pengelola Salut itu akan diberi pengetahuan praktis dalam bentuk magang di UT.Makassar.

Selain itu, akan lebih gencar dilakukan sosialisasi dan promosi di tiap-tiap daerah yang telah memiliki Salut dengan memanfaatkan kerja sama (MoU yang telah ditandatangani bersama bupati setempat). Salut sudah dapat melakukan pendaftaran maba dan menghubungi kembali mahasiswa lama yang tidak melakukan registrasi ulang beberapa tahun terakhir ini. Dijadwalkan setelah lebaran Idulfitri ini pengelola Salut di empat kabupaten akan diundang ke UT pusat Jakarta untuk studi banding, sekaligus mengunjungi beberapa Salut d Jawa Barat. (rls)

  • Bagikan