Metro

Buku Puisi Murid SDN Borong Diserahkan ke Dinas Perpustakaan Sulsel


MAKASSAR, BKM — Dua judul buku antologi puisi murid-murid SDN Borong, Kota Makassar diserahkan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. Masing-masing Antologi Puisi “Perpustakaan Baru” karya bersama 39 murid, dan Kumpulan Puisi “Pelangi Dalam Kelas” karya Riska Aulia. Kedua buku itu diterbitkan oleh Penerbit Garis Khatulistiwa, Makassar tahun 2019.

Penyerahannya dilakukan oleh Rusdin Tompo kepada Mohammad Hasan, Kepala Dinas Perpustakaan dan

Kearsipan Provinsi Sulsel. Rusdin Tompo merupakan editor sekaligus pembina ekstrakurikuler minat bakat di sekolah dasar yang terletak di Kecamatan Manggala, Makassar itu.

Penyerahan buku dilakukan sebelum rapat tim pengarah Festival Literasi dan Aksara Lontara di Perpustakaan

Wilayah Jalan Sultan Alauddin, Jumat (14/2). “Penyerahan buku ini bagian dari kewajiban warga negara dan memang merupakan perintah undang-undang,” begitu disampaikan Rusdin Tompo.

Mohammad Hasan mengapresiasi penyerahan dua buku tersebut untuk disimpan dan menjadi koleksi Perpustakaan Wilayah. Pada kesempatan tersebut, Rusdin Tompo juga menyerahkan buku karya Sri Rahmi berjudul “Tuhan di Bilik Suara”, terbitan Rayhan Intermedia tahun 2019.

Rusdin merupakan editor dari buku yang mengulas pengalaman Sri Rahmi terpilih sebagai anggota parlemen selama empat periode. Yakni dua kali dalam pemilihan legislatif untuk DPRD Kota Makassar, dan dua kali terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Sulsel.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, yang merupakan pengganti Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, memang mewajibkan penerbit, produsen karya rekam dan warga negara menyerahkan karyanya kepada Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Wilayah sehingga dapat dipergunakan sebaik-baiknya.

Tujuannya, untuk koleksi dan melestarikan hasil budaya bangsa dalam rangka menunjang pembangunan melalui pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Muhamnad Syahrir Razak selaku Kepala Seksi Deposit Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, mengakui bahwa Rusdin Tompo sebagai penulis dan editor termasuk yang rutin menyerahkan buku-buku karyanya kepada Perpustakaan Wilayah.

Penyerahan buku disaksikan Heri Rusmana, Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi, serta Yudhistira Sukatanya, sastrawan yang memberikan kata pengantar pada kedua buku tersebut. Penulis novel “Noni Societeit de Harmonie” itu juga hadir saat peluncuran dan diskusi kedua buku

tersebut yang diadakan tahun lalu dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN).

Kepala SD Negeri Borong Dra Hj Hendriati Sabir,MPd bangga karya murid-muridnya bisa menambah koleksi daerah. Kepala sekolah yang akrab disapa Bu Indri ini bahkan berharap buku kumpulan puisi murid-muridnya ini juga bisa menambah koleksi perpustakaan kampus di beberapa peeguruan tinggi. (rls)

 



Comments

To Top