Metro

Raker MT Darussalam Bahas 46 Program Kerja


MAKASSAR, BKM — Pengurus Majelis Taklim (MT) Darussalam Kompleks Bumi Bosowa Permai ORW 015 Kelurahan Minasa Upa, Kecamatan Rappocini, bergerak cepat. Tidak sampai sepekan usai dilantik, Sabtu (8/2), mereka kemudian menggelar rapat kerja (raker), Jumat malam (13/2).

Raker kepengurusan periode 2020-2023 ini berlangsung di Masjid Darussalam. Terlebih dahulu dilaksanakan salat Magrib berjamaah. Kemudian membaca surah Yasin. Lalu tauziyah yang disampaikan oleh Dewan Penasihat Pengurus MT Darussalam periode 2020-2023 Ustas Drs H Sufyan Arsyad, hingga memasuki waktu salat Isya.

Setelah itu rangkaian raker dimulai. Terlebih dahulu dijelaskan arti dan makna dari logo majelis taklim, lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Ketua MT Darussalam Ny Darmawaty Lasunra dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi dan kerja samag yan diperlihatkan oleh seluruh pengurus dan anggota Majelis Taklim Darussalam periode 2020-2023. Sebab, belum cukup seminggu setelah dilantik, langsung tancap gas menggelar raker.

Pada kesempatan ini pula, Darmawaty menyampaikan titipan pesan berupa surat dari Dewan Penasihat Majelis Taklim Darussalam lainnya, yakni Ibunda Dra Ny Hj Sofia Musa. Ia menyampaikan bahwa pengurus yang baru harus memperlihatkan kekompakan, kerja sama, dan jangan menampakkan kesombongan. Apalagi membeda-bedakan pengurus maupun anggota majelis taklim satu dengan yang lainnya.

”Jadikan majelis taklim sebagai wadah mendapatkan rahmat dan ridho Allah Swt, sehingga kita semua tetap komitmen di jalan-Nya untuk menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat,” begitu pesan Ny Hj Sofia Musa dalam suratnya.

Selanjutnya, pewara raker Ny Rakhmaniar Basri yang juga sekretaris MT Darussalam Ny Rakhmaniar Basri mempersilakan Ketua ORW 015 Zainal Arifin untuk memberi sambutan. Sekaligus diamanahkan membuka raker secara resmi.

Dalam sambutannya, Zainal yang juga dosen ini menyampaikan rasa salut dan bangga untuk pengurus MT Darussalam. Karena barusan dilantik, namun sudah mampu memperlihatkan kerja sama yang baik dan humanis, solidaritas yang kuat, serta toleransi yang tinggi. Dia berharap ini dapat dipertahankan secara kontinuitas dan sustainabel, sehingga nampak jelas bahwa majelis taklim itu benar-benar suatu organisasi sosial keagamaan yang menyejukkan, tidak otoritarian, eksklusif, dan penuh intrik kamuflase serta arogansi.

Dia pun mengingatkan, bila ada permasalahan agar dimusyawarahkan secara mufakat, atau berkoordinasi pihak yang terkait dengan majelis taklim. Terutama pengurus masjid dan pemerintah setempat.

”Karena suka atau tidak suka, senang atau tidak senang, pengurus majelis taklim pasti terkait langsung dengan pengurus masjid. Sebab masjid adalah tempat beraktifitas majelis taklim. Termasuk anggota majelis taklim adalah juga warga ORT maupun ORW. Selamat melaksanakan rapat kerja, semoga sukses dan mendapatkan ridho Allah Swt,” ujarnya.

Setelah raker dibuka secara resmi, giliran para ketua-ketua bidang yang mempresentasikan program kerja yang direncanakan untuk tiga tahun ke depan, baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

Berdasarkan draft yang dibagikan, ada tujuh bidang yang melengkapi kepengurusan MT Darussalam periode 2020-2023. Masing-masing Bidang Organisasi dan Pengembangan Kelembagaan yang diketuai Hj Andi Mufidah. Bidang Dakwah yang diketuai Dra St Sahidah Azis.

Bidang Pendidikan dan Pelatihan yang diketuai Andi Tenri Sumpala,SPd. Bidang Sosial dan Kemasyarakatan yang diketuai Dra Hj Nurdaliah,MKes. Bidang Usaha dan Pemberdayaan Ekonomi yang diketuai Hj Hasrah Karim. Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan yang diketuai Saidah Quba Sirajuddin. BIdang Kerja Sama dan Humas yang diketuai Hj Rahmatiah Gaffar, SKM.

Hadir menyaksikan raker, para ketua ORW di lingkungan ORW 015. Terdapat 46 poin rencana kerja yang dipresentasikan oleh masing-masing bidang untuk dimusyawarahmufakatkan hingga larut malam. Akhirnya raker pun ditutup pada pukul 23.15 Wita. (rls)

 



Comments

To Top