Metro

Penertiban Parkir Depan MP Libatkan Polisi


BKM/RAHMA AMRI TERTIBKAN--PD Parkir Kota Makassar turun langsung melakukan penertiban, Kamis (13/2), di depan Mal Panakukang.

MAKASSAR, BKM — Perusahaan Daerah Parkir Makassar Raya turun langsung melakukan penertiban, parkir liar di sekitar Mal Panakukang, Kamis (13/2). Dalam penertibannya, PD Parkir melibatkan polisi dari satuan Brimob Polda Sulsel.
Memang selama ini parkir liar di sekitar Mal panakukang dikeluhkan pengguna jalan, karena badan jalan semakin menyempit.
“Alhamdulillah tadi (kemarin-red) kita sudah turun dengan tim didampingi Brimob dari Polda,” ujar, Kepala Humas PD Parkir, Asrul.
Kata Asrul, penertiban ini dilakukan sebagai tanda gerak cepat PD parkir dalam menindaklanjuti informasi yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Seperti yang diunggah sebuah akun @info_makassar, dalam postingannya, terlihat jejeran motor terparkir di depan Mall Panakkukang hingga memenuhi bahu jalan.
“Selesaimi, pada dasarnya yang kita tindaklanjuti terkait parkir yang lagi viral di Instagram tentang parkit yang menggunakan badan jalan. Nah itu kita sikapi, baru sekarang kita agendakan karena kita juga ada jadwal-jadwal rutin patroli,” ujar Asrul.
Langkah yang ditempuh, lanjut Asrul yakni menegur secara lisan kepada Jukir yang masih memberikan tempat kepada pengendara motor untuk bisa parkir di bahu jalan. Sekaligus tidak memberi kesempatan bagi jukir untuk mempekerjakan jukir bantu.
“Sudah kami imbauan kepada jukir. Pada dasarnya mereka juga jukir resmi hanya saja kemarin itu kondisi pada saat ramai jadi mengambil jukir bantu,” ulasnya.
Selain itu, pihaknya sudah memasang pembatas parkir sebagai tanda batasan jukir memarkirkan kendaraan di sekitarnya.
“Kalau dia didapat melanggar maka kita akan kenakan sangsi pencabutan ID card dan atribut parkirnya,” ujarnya.
Bukan hanya disekitar Jalan Boulevard, pihaknya juga melakukan penertiban di wilayah Jalan Pengayoman, tepatnya di Sekitar toko Alaska dan Bintang. “Itu juga kami tertibkan, kita ada dokumentasi penertiban di sana, cuma yang dirilis tadi tentang yang lagi viral di medsos. Ini akan ditetap dilakukan, dan menjadi agenda rutin kami,” tuturnya.
Terpisah, Direktur Utama PD Parkir, Irham Syah mengatakan hingga kini pihaknya belum ada jukir yang mendapatkan sanksi pencopotan status resmi.
“Belum ada, Kami memberikan sampai dengan Surat Teguran Ke-3dan Alhamdulillah rata-rata mereka apabila sudah mendapat surat teguran seperti itu, tidak mengulangi lagi perbuatannya,” tuturnya.
Jumlah personil yang diturunkan pada penertiban kali ini sebanyak tujuh orang, ditambah dari kepolisian satu orang. (rhm)



Comments

To Top