Sulselbar

Layanan Jempol Disdukcapil Sasar Siswa SMAN 8


BULUKUMBA, BKM – Mobil layanan daring milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba kini mulai beroperasi. Diluncurkan oleh Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah pada Hari Jadi Kabupaten Bulukumba, 4 Februari lalu, kendaraan ini dioperasikan guna mendukung Layanan Jempol (Jemput Bola) Disdukcapil.
Kabid Layanan Disdukcapil Bulukumba Andi Afriadi mengemukakan, untuk pertama kalinya layanan Jempol menggunakan mobil tersebut menyasar sekolah, yakni SMA Negeri 8. Dalam pelaksanaan Jemput Bola ini, Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto didampingi Kadis Dukcapil Andi Mulyati Nur memantau proses perekaman pembuatan KTP elektronik bagi siswa-siswi kelas VIII atau yang sudah memasuki usia 17 tahun.
“Untuk layanan Jempol di SMA Negeri 8 ini, kami berhasil melakukan perekaman dan cetak KTP sebanyak 18 orang, Ditambah lima pencetakan kartu keluarga,” ujar Afriadi.
Untuk proses pelayanan Jempol, kata dia, pihaknya telah meminta kepada sekolah agar para siswa yang ingin mendapatkan KTP elektronik untuk menyiapkan berkas yang dipersyaratkan. Seperti KK asli, fotokopi ijazah SMP dan akta kelahiran untuk menyesuaikan namanya, serta fotokopi buku nikah orang tua.
“Kita ingin memastikan tidak ada kesalahan nama di KTP dan sesuai dengan dokumen lainnya. Makanya kita meminta berkas-berkas tersebut. Jika pun ada perubahan data, maka KK-nya juga akan diperbaiki,” jelasnya.
Untuk layanan Jempol berikutnya, lanjut Afriadi, pihaknya akan melakukan operasi di Pasar Cekkeng pada hari Sabtu mendatang. Kegiatan ini dirangkaikan dengan sensus penduduk oleh BPS Bulukumba.
Setelah itu, pada hari Senin (17/2), kembali menyasar SMA Negeri 1 Bulukumba. Karena menurut informasi dari kepala sekolahnya, ada 70 siswa yang siap berkasnya untuk melakukan perekaman.
Dikatakannya, mobil daring layanan administrasi kependudukan tersebut sangat membantu warga. Pihaknya juga telah melakukan layanan Jempol di Kelurahan Jalanjang, Kecamatan Gantarang kepada dua warga penyandang disabilitas.
Wabup Tomy Satria mengapresiasi layanan Jempol Disdukcapil, baik di sekolah maupun bagi warga penyandang disabilitas. “Layanan mobil online ini sangat membantu siswa. Karenan mereka tidak memiliki waktu yang luang untuk antre di kantor Disdukcapil,” terangnya. (min/c)



Comments

To Top