Sulselbar

Gubernur Serahkan 4.500 Sertifikat Gratis


Hari Ini Hadiri HUT Belopa ke-14

IST BERSAMA WABUP-Bupati Luwu H Basmin Mattayang bersama Wabup Syukur Bijak

LUWU, BKM — Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah dijadwalkan menghadiri peringatan Hari Jadi Belopa sebagai ibu kota kabupaten yang ke-14 di Kabupaten Luwu, Kamis (13/2) hari ini . Bupati Luwu H Basmin Mattayang menyampaikan hal itu kepada wartawan di Belopa, Rabu (12/2).
“Beliau batalkan kunjungan kerja ke Jepang tanggal 12 Februari, dikarenakan masyarakat Luwu mengharapkan kehadirannya di Hari Jadi Belopa,” ujar Basmin.
Wakil Bupati Luwu Syukur Bijak memberi apresiasi kepada Gubernur NA atas kehadirannya di hari jadi kota Belopa ke-14, sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan. Rencananya, akan diserahkan 4.500 sertifikat gratis kepada warga oleh gubernur.
Selain wali kota dan bupati se-Luwu Raya, peringatan hari jadi ini akan dihadiri pejabat dari daerah lain. Di antaranya pejabat Kolaka Timur, Kolaka Utara, Kolaka, dan Morowali. Termasuk anggota DPR RI Devi Syukur Bijak, serta undangan lainnya.
Serangkaian peringatan HUT ke-14 Kota Belopa, digelar pula seminar nasional pemerintahan yang dilaksanakan di Aula Bappeda. Ada pula agenda budaya lainnya, yakni mappacakke wanua, dan maddoja roja.
Masih rangkaian yang sama, telah dilaksanakan pelantikan pengurus Dewan Masjid Kabupaten Luwu pada Rabu(12/2). Kepengurusan ini diketuai Bupati Luwu H Basmin Mattayang .
Asisten II Pemkab Luwu Andi Palanggi selaku ketua panitia HUT Kota Belopa ke-14 menuturkan, puncak acara diisi dengan upacara, pesta kuliner yang melibatkan seluruh OPD, kecamatan desa dan lurah.
”Untuk pesta kuliner ini, seluruh peserta menyajikan khas makanan daerah Luwu. Selain itu, juga akan dilaksanakan pencanangan tanam sayur serentak di 207 desa dan 22 kelurahan di Luwu. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh kubernur Sulsel dan Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel,” kata Andi Palanggi .
Kemeriahan HUT Kota Belopa tahun ini tidak berakhir di puncak hari jadi saja. Keesokan harinya, Jumat (14/2) akan dilaksanakan tabligh akbar yang akan diisi oleh Ustas Das”ad Latief. Lokasinya di rujab bupati Luwu, Pammanu.
Malamnya akan dilangsungkan kegiatan lepas sambut Kapolres Luwu antara pejabat lama dan pejabat baru. Sabtu (15/2), MPC Pemuda Pancasila bersama Pemkab Luwu menggelar kegiatan Jelajah Alam Belola berupa trail adventure. Event ini menyiapkan hadiah satu unit mobil dan tujuh motor.
Bupati Luwu H Basmin Mattayang dalam kesempatan yang berbeda, mengaku senang dan bangga dengan kreativitas anak muda di Luwu, serta organisasi kepemudaan yang ikut berpartisipasi dan mengambil peran dalam memeriahkan Hari Jadi Kota Belopa yang ke-14 tahun ini.
“Ini adalah kemajuan yang baik untuk kita lebih tingkatkan ke depan. Semangat kebersamaan yang perlu dijaga bersama dan dilanjutkan untuk Luwu yang lebih baik,” ujarnya.
Bupati Luwu dua periode ini berharap, semangat ini tidak sampai pada usainya HUT Kota Belopa. Tetapi terus dipertahankan dalam momen-momen lain.
“Mari kita ramaikan Luwu. Kita bangun bersama untuk kesejahteraan bersama,” tandasnya.
Jadwal dari Bagian Protokol Pemkab Luwu, ada sejumlah agenda di puncak Hari Jadi Belopa ke-14. Selain penyerahan 4.500 sertifikat secara gratis, ada pula pembagian 500 pohon bibit durian. Dilaksanakan pula launching Gertak (Gerakan Taman Sayur Serentak), bantuan perahu dan kredit untuk nelayan, serta lomba hias rakki dan cipta menu. (wan/c)



Comments

To Top