Gojentakmapan

Februari, Pemegang Suket Bakal Terima KTP-El


GOWA, BKM — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gowa sedikit bernafas lega. Sebab dinas ini bisa memenuhi kebutuhan KTP-El bagi warga pemegang surat keterangan (suket) kependudukan.
Dengan injeksi 14 ribu keping blanko KTP-El dari Kementerian Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada Januari 2020 ini, pihak Dinas Dukcapil Gowa optimis terbantu mencetak KTP-El bagi pemegang Suket saat ini.

Meski belum optimal tercukupi, namun menurut Kadis Dukcapil Gowa, Ambo, saat dihubungi beberapa hari lalu, mengatakan, setidaknya 28 ribu pemegang Suket dapat dicetakkan KTP-El nya. ”Awal Januari lalu kami dipasok 8 ribu blanko. Kemudian awal Februari kemarin dipasok lagi 6 ribu keping. Alhamdulillah, meski belum tercukupi untuk melayani 28 ribu Suket secara total, namun dapat berkurang. Dan kita akan mendapatkan blanko-blanko KTP-El lagi setelah yang 14 ribu ini habis dicetak,” jelas Ambo kepada Berita Kota Makassar di ruang kerjanya.

Ambo mengatakan, untuk pemegang Suket ditargetkan rampung pada Februari ini. Artinya, semua warga yang memegang Suket akan dicetakkan KTP-El nya.
”Kita upayakan stok kepingan KTP-El tidak terputus (didistribusi dari pusat). Jadi kalau stok kita sisa 500 keping, kita pergi lagi ke Jakarta jemput keping baru, Sehingga kita tidak terputus pelayanan KTP-El di sini. Sekarang untuk tahun 2020 ini, kita tidak keluarkan Suket. Karena kita mau habiskan dulu Suket yang ada sejak 2019. Suket-Suket yang ada sekarang adalah produk 2019. Itu kita mau habiskan dulu hingga Februari ini,” jelas Kadis.
Saat ini, kata Ambo, tiap hari pihaknya mencetak 600 sampai 700 keping KTP-El. ”Yang kami layani hari ini adalah rata-rata yang mau ganti Suketnya ke KTP-El. Sementara yang mengurus baru tetap kita layani untuk perekaman,” jelasnya.
Dikatakan, saat ini untuk KTP-El, Gowa sudah berada pada posisi 98,27 persen. Sisa 1,73 persen perekaman KTP-El di Gowa akan capai 99 persen secara nasional. Sampai saat ini, petugas Disdukcapil Gowa masih melakukan perekaman di lapangan untuk menuntaskan yang 1,73 persen tersebut.
Sementara khusus penerbitan akte kelahiran anak mulai usia 0-18 tahun sudah mencapai 99,81 persen atau sudash sebanyak 252.561 jiwa anak dari total 253.043 jiwa anak. (sar/mir)



Comments

To Top