Politik

Tamsil dan Lanyalla Temui Gubernur NA


IST PENERIMAAN--Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah memberikan pengantar penerimaan ketika mendapat kunjungan dari pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dirumah jabatan, Selasa (11/2).

MAKASSAR, BKM–Dua senator RI masing-masing Tamsil Linrung dan Lanyalla Mattalitti menemui Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah (NA) dirumah jabatan gubernur, Selasa (11/12).
Tamsil yang pernah tercatat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI kali ini datang bersama ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Lanyalla Mattalitti guna melakukan serangkaian agenda. Salahsatunya melangsungkan pertemuan dengan Gubernur Sulsel NA.
Kedatangan dua senator tersebut disaksikan Wakil Ketua DPRD Sulsel Muzayyin Arif.
Salah satu agenda yang dibahas diantaranya mendorong DPD terlibat dalam pendampingan program beasiswa Bidikmisi yang akan berganti nama menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah.
Menurut Tamsil, hal itu juga sejalan dengan misi DPD sebagai lembaga yang diharapkan mengakselerasi pemerataan di semua sektor.
“Kita melihat, ada kecendrungan selama ini sarjana-sarjana yang kita memilih tinggal dan bekerja, berkarya di kota. Sehingga pembangunan di kota terus terpacu. Sementara daerah mengalami defisit sarjana. Ada gap. Dampaknya, ya terjadi ketimpangan. Ini perupakan problem dan satu concern yang harus jadi perhatian DPD sebagai wadah aspirasi daerah,”ujar Tamsil Linrung
Tamsil berpendapat bahwa DPD perlu mendapatkan kewenangan aspirasi untuk beasiswa KIP Kuliah, dan program-program pendidikan lain, seperti LPDP. Agar tanggungjawab DPD secara kelembagaan semakin konkret. Terutama komite yang terkait dengan pendidikan dan riset yang jadi tumpuan pembangunan sumber daya manusia unggul.
Selama ini, Tamsil sukses dalam mendorong pembangunan SDM melalui parlemen dengan adanya program usulan beasiswa Bidikimisi ketika duduk sebagai Pimpinan Komisi VII DPR RI. Ribuan SDM daerah berhasil dikembangkan. “Program beasiswa dari pemerintah kami kelola dalam berbagai bentuk pembinaan kepemimpinan, spiritual dan moral. Di bawah arahan tim di Tali Foundation. Sehingga para penerima beasiswa semakin berdaya saing dan siap membangun daerahnya.”tuturnya.
Menurut politisi senior ini, program pendamingan beasiswa sangat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan aksesabiltas pendidikan. Terutama di tingkat perguruan tinggi yang menurut data, hanya sepertiga lulusan SMA yang dapat melanjutkan ke perguruan tinggi.
Sebelumnya, Tamsil menghadiri acara silaturahmi akbar Forum Mahasiswa Penerima Beasiswa Aspirasi Tamsil Linrung (Formasita) yang dihadiri 1.037 mahisiswa dari berbagai perguruan tinggi di Sulsel. Kegiatan yang menandai masa pembinaan para penerima beasiswa tersebut dipusatkan di Aula Gedung Phinisi UNM Makassar. (rif)



Comments

To Top