Headline

Pemkab Jangan Tutup Mata


ANGGOTA DPRD Sulsel dari Selayar Ince Langke, menaruh perhatian serius terhadap kondisi SMKN 6. Legislator Partai Golkar ini mengakui kalau gedung sekolah tersebut memang memprihatinkan. Dia pun mendesak Pemprov Sulsel untuk memberi perhatian serius.
Wakil Ketua Komisi E DPRD Sulsel ini menjelaskan, pada umumnya kondisi SMA/SMK negeri dan swasta di Sulsel masih perlu mendapatkan perhatian. Bukan cuma gedungnya, tetapi tenaga pendidiknya.
“Karena SMA/SMKN sudah menjadi urusan pemprov, maka perlu duduk bersama membicarkan teknis penyelesaian masalahnya. Kalau ini kita serius benahi, maka kami berharap dalam waktu tidak lama kondisi SMK/SMKN di Sulsel dapat memenuhi standar kualitas pendidikan,” ujar Ince Langke, kemarin.
Karenanya, mantan ketua DPRD Selayar ini sepakat dan mendukung perintah Gubernur HM Nurdin Abdullah kepada pelaksana tugas (plt) kepala Dinas Pendidikan Sulsel yang baru agar OPD ini menjadi lokomotif penciptaan manusia unggul. Manusia yang punya daya saing.
”Tentunya ini harus dengan kebijakan/program menyeluruh, sistematis dan konkrit yang harus dilakukan. Ini sesuai dengan salah satu program priorotas Pak Gubernur, yaitu peningkatan kualitas SDM,” tandasnya.
Hal senada disampaikan legislator Partai Nasdem Sulsel Arum Spink. Ia mengatakan, mestinya kondisi seperti yang dialami SMKN 6 Selayar tak lagi ditemukan.
”Kita berharap pemprov lebih memfokuskan pada sektor ini. Informasi ini akan menjadi bahan masukan buat kami di DPRD dalam rapat kerja dengan Disdik nanti,” janjinya.
Arum Spink juga berharap agar pemprov segera mengidentifikasi semua sekolah-sekolah yang berada di bawah kewenangan pemprov, sehingga jelas target dan tujuan yang akan dicapai.
Politisi asal Selayar Mohammad Fadli Noer, juga ikut prihatin, bahkan miris dengan kondisi gedung SMKN 6 Selayar. “Meskipun pendidikan menengah dan atas menjadi domain pemprov, namun karena berada di wilayah kerja Pemkab Selayar dan peserta didik adalah warga Selayar, maka Pemkab Selayar tidak boleh menutup mata. Saya mengingatkan Bupati Selayar agar lebih proaktif dengan kondisi yang ada. Jangan terlalu sibuk kampanye namun abai terhadap kondisi pembangun SDM yang ada,” jelas ketua PSI Sulsel ini.
Menyikapi hal itu, Wakil Bupati Selayar Zainuddin yang dihubungi terpisah melalui sambungan telepon, berjanji akan memperhatikan SMKN 6 Selayar.
“Memang sebenarnya SMKN domainnya Pemprov Sulsel. Tapi karena berada di wilayah kami, tentu akan menjadi perhatian. Karena jika soal data tentu kami kuasai datanya. Kita harus memberikan data tersebut kepada Pemprov Sulsel,” ujar Zainuddin. (rif)



Comments

To Top