Kriminal

Warga Manggala Tertipu Rp300 Juta


MAKASSAR, BKM — Seorang wanita mendatangi Mapolsek Manggala. Kepada petugas ia mengaku telah menjadi korban penipuan seorang lelaki. Akibat penipuan itu, Ruhaya Hasan (46), seorang pedagang di Pasar Sentral harus kehilangan uang sebesar Rp300 juta.
Kapolsek Mamajang, Kompol Hasniati ketika dihubungi akhir pekan lalu, membenarkan laporan korban tersebut. Kapolsek mengatakan, korban Ruhaya Hasan (46), pedagang di Pasar Sentral, mengatakan, lelaki yang telah menipunya bernama Peter.
”Kata korban dalam keterangannya, dirinya didatangi pria yang menyebutkan identitasnya bernama Peter Pongtiku. Saat itu Peter membujuknya dan mengaku jika dirinya bisa menggandakan uang. Korban pun terbujuk rayuan hingga terperdayai. Korban memberikan uangnya senilai Rp300 juta ke Peter Pongtiku,” ungkap Kapolsek menirukan keterangan korban.
Setelah tersadar, korban membuka tas yang diberikan tersangka. Ternyata isi tas itu adalah kemasan plastik yang didalamnya kertas kosong. Sehingga korban melaporkan kejadian yang dialaminya.
Selanjutnya, Unit Reskrim Polsek Manggala menindaklanjuti laporan korban untuk menyelidiki keberadaan tersangka. ”Dari hasil penyelidikan diketahui, tersangka telah ditangkap di Polsek Keera, Kabupaten Wajo. Dia (tersangka) ditangkap setelah juga melakukan aksi penipuan warga di sana. Makanya, kami berkoordinasi ke Polsek Keera, dan mengutus penyidik Polsek Manggala ke Polsek Keera untuk diketahui motif tersangka melakukan penipuan dengan mengimingi korbannya bisa menggandakan uang,” kata Kapolsek.

Kemudian, lanjutnya pihaknya juga ingin mengetahui modus operandi tersangka (Peter) melancarkan aksinya di wilayah hukum Keera. Apakah modusnya sama yang terjadi terhadap korban Ruhaya atau ada modus lain.

”Kami masih berkoordinasi pihak Polsek Keera terkait kebenaran tersangka yang sudah tertangkap untuk diketahui motifnya. Kami juga turunkan penyidik Polsek Manggala ke Polsek Keera untuk diketahui motif tersangka. Nantilah tindaklanjutnya setelah hasil koordinasi kami bersama Polsek Keera,” cetusnya. (ish/mir/c)



Comments

To Top