Bisnis

Jaga Awareness


BKM/CHAIRIL INDRA Ayu Diah

KOORDINATOR Sales Marketing and Communication (Marcomm) Hotel Arthama Losari Makassar, Ayu Diah, mengatakan, upaya-upaya promosi harus terus dilakukan untuk menjaga awareness atau kesadaran para pelanggan terhadap keberadaan hotel dan layanan yang dimilikinya.
Selama bekerja di hotel, kata Ayu, banyak suka dan duka yang dialaminya. Sukanya yaitu bisa bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang. Hal ini menambah wawasan sekaligus memperluas jaringannya. Sosok-sosok seperti pejabat pemerintahan atau selebritis kerap ditemui Ayu Diah di sepanjang kariernya.

”Misalnya dari para pejabat pemerintahan. Bertemu mereka membuat saya dapat ilmu baru tentang pemerintahan yang sebelumnya saya tidak ketahui,” jelasnya.
Berbagai pengalaman berkesan pun dirasakan Ayu Diah sebagai pekerja hotel. Misal mendapatkan komplain dari tamu sudah jadi hal biasa baginya. Dalam hal ini, pekerja hotel mesti menjadi pendengar yang baik dan berempati terhadap keluhan pelanggan. Dari situlah dicari akar permasalahannya untuk diselesaikan.
”Prinsip saya bagaimana membuat orang di sekitar saya bahagia. Jangan sampai saya jadi bagian dari masalah. Kalau bisa jadi bagian dari solusi, baik itu di luar dari jam kerja. Yaitu agar setiap permintaan atau pesanan dari tamu untuk diketahui secara detail dan spesifik. Baik pelayanan laundry, maupun pelayanan makanan. Hal ini berkaitan SDM yang kinerjanya mesti ditingkatkan lagi,” tegas Ayu Diah. (jun/mir)



Comments

To Top