Headline

Nasdem Tabuh Genderang


MAKASSAR, BKM — Partai Nasdem menabuh genderang menuju pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Sulsel. Untuk perhelatan politik pada 22 September 2020 mendatang, partai besutan Surya Paloh itu menyerahkan rekomendasi bagi empat calon yang diusung.
Lima daerah itu masing-masing Kabupaten Soppeng, Tana Toraja, Maros, Barru, dan Toraja Utara. Dari jumlah tersebut, ada satu daerah yang hanya ditetapkan calon bupatinya, yakni Kabupaten Barru. Nasdem mengusung petahana Suardi Saleh.
Untuk di Kabupaten Soppeng, dua tokoh disatukan. Mereka adalah bupati incumbent Andi Kaswadi Razak, yang dipasangkan dengan Luthfi Halide. Lutfhi merupakan besan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.
Di Kabupaten Tana Toraja, duet Bupati Nicodemus Biringkanae dan Wakil Bupati Victor Datuan Batara tetap dipertahankan.
Di Kabupaten Maros, Partai Nasdem sepertinya ingin memberikan lawan sebanding bagi satu pasangan yang telah terlebih dahulu ditetapkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN), yakni AS Chaidir Syam dan Hj Suhartina Bohari. Surya Paloh memaketkan Andi Harmil Mattotorang dan Andi Ilham Nadjamuddin.
Harmil tercatat menduduki posisi wakil bupati Maros selama dua periode mendampingi Hatta Rahman sebagai bupati. Sementara Andi Ilham Nadjamuddin merupakan putra dari mantan bupati Maros Andi Nadjamuddin.
Di Kabupaten Toraja Utara, ditetapkan nama Yosia Rinto Kadang-Jonathan Pasodu. Yosia saat ini menjabat sebagai wabup Toraja Utara. Sementara Jonathan dikenal sebagai seorang pengusaha.
Satu daerah lainnya yang diterbitkan rekomendasinya adalah Kabupaten Barru. Hanya saja, baru cabup yang ditetapkan oleh Nasdem, yakni Suardi Saleh.
Sejumlah nama santer disebut untuk menjadi duet sang petahana. Di antaranya wabup sekarang Nasaruddin, dan Ketua DPC PDIP Barru Andi Riogi Idris. Riogi merupakan putra mantan Bupati Barru Andi Idris Syukur, yang juga menantu mantan wakil gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang.
Adapun tujuh daerah lainnya belum diterbitkan, karena menunggu sejumlah pertimbangan. Masing-masing Kabupaten Gowa, Bulukumba, Selayar, Pangkep, Luwu Timur, Luwu Utara, serta Kota Makassar.
Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh menyerahkan langsung rekomendasi usungan tersebut pada konsolidasi partai di Celebes Convention Center (CCC) Jalan Metro Tanjung Bunga, Minggu (19/1). Hadir tokoh nasional yang juga menteri dari Partai Nasdem, seperti Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Ketua DPW Nasdem Sulsel yang juga anggota DPR RI Rusdi Masse, serta tokoh lainnya. Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah juga hadir.
Meski tanpa penyerahan rekomendasi usungan di Makassar, tampak hadir lima bakal calon wali kota. Mereka adalah Mohammad Ramdhan Pomanto, Munafri Arifuddin, Sukriansyah S Latief, Syamsu Rizal MI, dan dr Onasis. Bahkan Danny, sapaan akrab Mohammad Ramdhan Pomanto mengerahkan ribuan massanya untuk hadir di lokasi acara.
Surya Paloh dalam arahannya, mengatakan daerah yang sudah ditentukan calonnya untuk diusung Nasdem sudah melalui berbagai pertimbangan dan tahapan. Termasuk hasil survei.
Ia menegaskan, seluruh unsur Partai Nasdem harus memenangkan usungan Nasdem di pilkada. Apalagi, partainya kali ini memprioritaskan kader. “Segala harapan harus kita wujudkan untuk meraih kemenangan,” kata Paloh.
Ketua DPW Nasdem Sulsel H Rusdi Masse, mengatakan bahwa baru lima daerah yang diberikan rekomendasi, karena baru itu yang diputuskan oleh partai.
“Jadi baru lima kabupaten yang diputuskan partai. Yang lain nanti menyusul. Untuk Barru baru rekomendasi untuk calon bupati. Wakilnya dalam waktu dekat ini akan ditentukan,” ujar Rusdi Masse.
RMS juga menegaskan bahwa calon yang diusung adalah tanpa mahar. “Itulah komitmen Partai Nasdem sejak awal tanpa mahar. Jadi semua kandidat yang mendapat rekomendasi itu tanpa mahar,” tegas anggota Komisi III DPR-RI itu.
Sebelum ke CCC, Paloh dan rombongan menikmati kuliner seafood khas Makassar di Rumah Makan (RM) Paotere di Jalan Sabutung, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar. Paloh didampingi Mentan SYL, serta pengurus DPP dan DPW.
Sehari sebelumnya, Sabtu (25/1) Paloh juga menikmati coto Makassar, kuliner khas Sulsel lainnya di Jalan Nusantara. Bersama bersama rombongan, Paloh menghadiri sejumlah acara konsolidasi yang dikemas dalam NasDem Days 2020.
Tak hanya itu, Paloh juga mengunjungi Klenteng Xian Ma yang dikenal sebagai Klenteng tertua di Makassar, Jumat malam (24/1). Kunjungan yang dilakukan Paloh sekaligus untuk mengucapkan selamat tahun baru Imlek 2571 yang jatuh pada Sabtu (25/1) kepada masyarakat Tionghoa.

Mundur jika DPRt tak Rampung

PARTAI nasdem mematok target kemenangan untuk pilbup dan pilwali pada 12 daerah di Sulsel. Untuk merealisasikan ambisi tersebut, Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh meminta para ketua dewan pimpinan wilayah (DPW) agar membentuk pengurus di tingkat DPRt (Dewan Pimpinan Ranting). DPRt merupakan pengurus partai di tingkat kelurahan dan Desa.
Paloh meminta DPRt rampung dibentuk sebelum 17 Agustus 2020. Jika tidak, ketua DPW Nasdem diminta mundur.
“Saya memberikan target kepada saudara ketua DPW se-Indonesia, sebelum 17 Agustus tahun ini tidak ada satu pun wilayah yang DPRt-nya kosong. Kita sepakat ketika ada atau DPRt kosong, ini keputusan rakorsus, pimpinannya kita minta mengundurkan diri,” kata Paloh dalam acara Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) di Makassar, Sabtu (25/1).
Menurut Paloh, target pencapaian itu tidak boleh hanya rencana dan obsesi semata, tetapi harus realistis. “Dengan semangat rakorsus di bumi orang pemberani ini (Makassar) kita ambil semangatnya. kita menjadi orang pemberani,” tandasnya.
Semagat dimaksud adalah harus mulai bergerak dari sekarang. Jika tidak bergerak, konsewenksinya pasti turun dan target sulit tercapat.
“Harapan saya sebagai kakak, sahabat kita harus saling membesarkan hati di antara kita. Bukan saling mencari kesalahan. Sehingga akan lahir solidaritas,” sebutnya.
Kegiatan Konsolidasi Partai Nasdem itu dihadiri Wakil Ketua Nasdem Ahmad Ali. Hadir juga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Lingkungan Kehutanan St Nurbaya Bakar, Bendahara Umum Nasdem Ahmad Syahroni, Ketua OKK Nasdem yang juga Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Rachmat Gobel, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dan seluruh pengurus DPW Nasdem se Indonesia. (rif)



Comments

To Top