Metro

Dinkes Sulsel segera Turunkan Tim


Deteksi Masuknya Virus Corona Lewat Bandara dan Pelabuhan

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan baru akan melakukan antisipasi pencegahan virus corona. Dua tempat jadi perhatian, yaitu Bandara Sultan Hasanuddin dan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar. Lokasi ini menjadi pintu utama masuknya virus tersebut.
Virus corona (coronavirus) sendiri terdeteksi awal di Wuhan, China. Kini telah menyebar ke Thailand, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Amerika Serikat. Ratusan orang telah terinfeksi virus yang memiliki kedekatan dengan virus SARS dan MERS ini.
Olehnya, untuk mencegah terjangkitnya masyarakat Sulsel dengan virus ini, orang-orang yang datang melalui pintu bandara maupun pelabuhan akan diperiksa secara ketat. Jika ada yang terindikasi terjangkit, maka orang tersebut akan diberikan tindakan lanjutan sebelum masuk ke area kota.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel Ichsan Mustari, menjelaskan wabah virus ini memang belum mendapat perhatian serius di Sulsel. Hingga kini saja belum ada antisipasi khusus yang dilakukan.
Namun dirinya mengatakan, akan segera membahasnya. Hari ini, Jumat (24/1), pihaknya berkoordinasi dengan lintas sektor terkait.
“Besok (hari ini) kita akan berkoordinasi dengan sektor terkait. Secara terpadu kita tangami kemungkinan masuknya virus ini,” ujar Ichsan.
Untuk saat ini, antisipasi pencegahan virus corona ini sama dengan penyakit-pemyakit yang lain, yang sifatnya lintas negara dan lintas daerah. Di pelabuhan, Ichsan mengatakan telah ada tindakan yang dilakukan oleh pihak terkait.
Dalam waktu dekat, tim dari pemprov akan diturunkan juga untuk melakukan deteksi terhadap orang-orang yang masuk.
“Di bandara Makassar hanya ada dua penerbangan internasional yang langsung. Dari jeddah Arab dan dari Malaysia. Tentu kita melakukan proses-proses pendeteksian di bandara terhadap orang-orang yang masuk,” jelasnya.
Hingga saat ini, dikatakan Ichsan, belum ada warga Sulsel yang diketahui terjangkit virus corona. Dengan adanya pencegahan yang akan dilakukan nanti, ia berharap tak ada timbul kasus tersebut di Sulsel.
Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mengimbau masyarakat untuk selalu peduli akan melakukan pencegahan terhadap segala penyakit. Termasuk ancaman virus corona yang akhir-akhir ini cukup meresahkan.
Warga diminta melakukan pengecekan dan kontrol kesehatan ke rumah sakit atau pusat kesehatan. Hal ini penting, karena virus corona bisa menjangkiti siapa pun.
Jika terindikasi teridap virus tersebut, cepat lakukan koordinasi ke beberapa pihak. Terutama melaporkannya ke puskesmas terdekat.
“Kepada warga, ya pencegahan-pencegahan dululah. Cepat berkoordinasi ketika ada gejala. Kalau terindikasi, kita cepat lakukan pencegahan,” ungkap AAS, kemarin.
Ia juga menghimbau kepada instansi terkait untuk memberikan penyuluhan ke masyarakat mengenai virus ini. Karena baginya, pengetahuan tentang virus ini sangat dibutuhkan.
“Untuk edukasi kepada masyarakat, dinas-dinas terkait, termasuk sampai puskesmas, agar memberikan penyuluhan ke masyarakat tentang virus ini,” imbuhnya. (nug/rus)



Comments

To Top