Metro

Barongsai Klenteng Xian Ma Padat Jadwal Tampil


IST Syahril

MAKASSAR, BKM — Pertunjukan kesenian barongsai sering hadir meramaikan perayaan Tahun Baru Imlek. Di momentum seperti ini, banyak kelompok atau komunitas kesenian barongsai mendulang rupiah dengan mementaskan tarian tradisional menggunakan sarung yang menyerupai singa. Salah satunya adalah kelompok Barongsai Klenteng Xian Ma.
Syahril adalah pengurus kelompok Barongsai Klenteng Xian Ma. Sudah cukup lama dia bergabung di dalamnya.
Selain itu, dia juga aktif sebagai Sekretaris Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI). Bernaung di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan menghimpun kelompok atau komunitas barongsai di Sulawesi Selatan.
Khusus di Sulsel, kelompok barongsai yang aktif sebanyak enam kelompok. Pertama, ada kelompok Ibu Agung Bahari, Klenteng Xian Ma, Klenteng Kwan Kong, Vihara Girinaga, dan dua kelompok mandiri, masing-masing Dua Naga Langit dan Hwang Chi.
“Dulu banyak kelompok barongsai di Sulsel. Namun lambat laun kelompoknya tidak aktif muncul lagi. Sehingga yang aktif sekarang ini cuma ada enam kelompok saja,” kata Syahril, kemarin.
Dari enam kelompok barongsai yang aktif, paling populer tampil saat-saat tertentu, atau seperti di perayaan Tahun Baru Imlek adalah kelompok dari Klenteng Xian Ma. Pada saat seperti ini, kelompok Xian Ma memiliki jadwal tampil yang cukup padat. Begitu pun dengan waktu latihannya. Kebanyakan panggilan untuk tampil dari Kota Makassar.
“Untuk saat ini yang cukup populer itu adalah Xian Ma. Di waktu seperti ini banyak jadwal pertunjukannya. Apalagi di mal-mal. Jadwal latihan juga pasti padat waktu seperti ini. Latihannya bisa tiga kali dalam seminggu. Apalagi jika ingin menghadapi kejuaraan. Aktifitasnya sebagaimana atlet,” jelasnya.
Di kelompok kesenian barongsai Xian Ma terdapat 20 orang anggota. Semua anggota aktif dalam kegiatan pertunjukan. Bukan hanya di Tahun Baru Imlek, namun juga di saat-saat momen tertentu, baik itu perlombaan maupun undangan mengisi acara.
Kelompok kesenian barongsai Klenteng Xian Ma sudah sering ikut kejuaraan. Bahkan kerap mendapatkan juara satu atau dua pada pertunjukan tradisional. Semua itu tidak terlepas dari konsistensi dan semangat anggotanya. (arf/rus)



Comments

To Top