Headline

Gembong Sabu 1,3 Kg Asal Pinrang Ditembak


MAKASSAR, BKM — Satuan Narkoba Polres Pinrang Unit II yang dipimpin Kasatres Narkoba Polres Pinrang Iptu Yudhit Dwi Prasetyo, berhasil membongkar peredaran narkoba jenis sabu seberat 1,3 kg. Tiga orang berhasil diringkus, Senin (20/1) pukul 16.00 Wita di Kampung Mallang, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang.
Dari ketiganya, satu orang bernama Darwis alias Awi (37) dihadiahi timah panas. Ia mencoba kabur dan melawan petugas saat hendak di tangkap.
Dua tersangka lainnya, yakni Abdul Rahman alias Emmang dan Ramon alias Bapak Hasan, berhasil diamankan tanpa melakukan perlawanan.
“Ketiga pelaku yang sudah diamankan ini merupakan beroperasi di Pinrang. Dari tangan mereka berhasil disita sabu seberat 1,3 kg,” ujar Direktur Ditresnarkoba Polda Kombes Pol Hermawan, Rabu (22/1).
Barang bukti yang berhasil disita berupa satu plastik warna hitam yang di dalamnya berisi lima bal paket narkotika jenis sabu. Ada pula satu plastik warna hitam yang di dalamnya berisi 1 kg paket sabu, serta 1 bal paket sabu.
Diamankan pula satu termos warna biru. Satu unit sepeda motor merek Yamaha Mio Sporti warna hitam, serta satu mukenah wana putih.
Pengungkapan kasus ini berlangsung, Senin (20/1) sekitar pukul 16.00 Wita. Dikatakan Hermawan, informasi dari masyarakat menyebutkan seringnya terjadi transaksi sabu di Kampung Mallang, Kecamatan Duampanua, Pinrang.
Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata informasi itu betul ada. Selanjutnya Emmang dan Awi ditangkap. “Dari hasil interogasi keduanya, barang itu adalah milik mereka,” ujarnya.
Emmang yang diperiksa, mengakui kalau masih ada sisa dari lima bal pakes sabu tersebut. Disimpan di rumah keluarganya di Kampung Massila, Kecamatan Duampanua, Pinrang.
Sekitar pukul 17.00 Wita, Satres Narkoba langsung menuju rumah keluarga Emmang dan melakukan penggeledahan diatas rumah. Ditemukanlah satu buah termos yang di dalamnya berisi satu mukenah, yang di baliknya terdapat disembunyikan satu plastik warna hitam yang berisi sekilo paket sabu. Ada pula satu bal paket shabu yang ditemukan di atas rumah.
Ketika ketiganya bersama barang bukti dibawa ke Polres Pinrang, Awi yang merupakan gembong dari sindikat ini, mencoba melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri. Tiga tembakan peringatan yang diberikan polisi dihiraukannya. Tindakan tegas pun diambil dengan melumpuhkannya pada bagian kaki kanan. (mat/rus)



Comments

To Top