Metro

Pasar Hobi akan Direlokasi ke Tamangapa


MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota Makassar bakal merelokasi pedagang yang berjualan di Pasar Hobi Toddopuli Makassar.
Relokasi akan dilakukan jika Rumah Potong Hewan (RPH) modern yang rencananya akan dibangun Pemkot Makassar berkolaborasi dengan Pemprov Sulsel dan Pemerintah Pusat rampung dibangun.
Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, Abd Rahman Bando, mengatakan, tahap pembangunan RPH berkonsep modern saat ini sudah dimulai.
Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel sudah melakukan beberapa kali pertemuan untuk membahas persiapan pembangunannya.
Rahman Bando menambahkan, RPH yang akan dibangun itu nantinya bukan sekadar untuk lokasi pemotongan hewan. Tapi akan diintegrasikan dengan beberapa aktifitas usaha.
“Di sana nanti akan ada pasar hewan, pusat kesehatan hewan, industri pengolahan daging, pengolahan limbah, hingga area khusus kulinernya,” ungkap Rahman, Selasa (21/1).
Bahkan ketika RPH tersebut rampung, jelas mantan Kadisdik Makassar itu, area untuk pasar hewan serta pasar hobi disatukan.

“Jadi para pedagang yang berjualan di Pasar Hobby Toddopuli bakal dipindahkan ke sana. Karena tempat mereka berjualan di sana kan juga bukan lokasi pribadinya,” katanya.
Khusus tahun ini, tambahnya, Pemkot Makassar melalui Dinas Pertanahan menyiapkan anggaran sebesar Rp6 miliar untuk pembebasan lahan.
Sementara Pemprov Sulsel menganggarkan Rp10 miliar untuk fisik dan pemerintah pusat Rp3 miliar untuk komponen pengadaan peralatan.
RPH terpadu ini dibangun masih di kawasan RPH yang lama. Namun, untuk tempat pemotongan hewan yang lama, bakal dijadikan tempat parkir. Pemkot akan menambah luasan RPH 3,5 hektar.
Pengelolaan RPH tersebut nantinya tetap dibawah Pemkot Makassar. Ada dua skema pengelolaan. Apakah dibentuk UPTD atau dibawah Perusda.
“Kalau RPH terpadu dan terintegrasi ini terbangun, akan menjadi pilot project di Indonesia. Targetnya, bisa rampung dua tahun ke depan,” tandasnya.(rhm)



Comments

To Top