Metro

DPRD Kendari Study Banding ke Disdik Makassar


BKM/HJ ROSNA SWAFOTO--Anggota DPRD Kota Kendari Berswafoto bersamaKadis Pendidikan Kota Makassar, Asis Hasan didampingi empat kabidnya.

MAKASSAR, BKM–Anggota DPRD Kota Kendari dari Komisi III Bidang Pendidikan mengadakan study banding ke Dinas Pendidikan kota Makassar, Senin (13/1), lalu.
Study banding bertujuan untuk bertukar informasi terkait pelaksanaan program pendidikan di Kota Kendari dan Kota Makassar.
Ketua Komisi III DPRD Kendari, LM Rajab Janik bersama anggota Komisi III lainnya diterima Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Drs Azis Hasan MSi didampingi empat kepala bidangnya, yakni Kabid PAUD, Dr Hikmah Manganni MPd, Kabid GTK, Dr Panca MPd, Kabid Dikdas, Ahmad Hidayat SPd MPd dan Kabid Sarana, Ir Linda MSi. Azis Hasan mengatakan, perkembangan pendidikan di Kota Makassar berjalan sangat baik, termasuk pada saat proses ujian nasional.”Perkembangan pendidikan di Kota Makassar berjalan baik, kita sudah menggunakan Komputer saat pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Begitupun sistem PPDB sudah menggunakan sistem zona,” jelas Azis Hasan.
Azis menambahkan, proses belajar mengajar juga telah berlangsung lima hari kerja yakni senin sampai jumat. Hari sabtu siswa mengikuti kegitan ekstrakurikuler.”Ekstrakorikuler ini ada tertuang dalam 18 program revolusi pendidikan. Ini bertujuan untuk menggali bakat siswa, seperti satu siswa satu tarian daerah, satu olahraga dan satu lagu,” katanya.
Sementara itu, jelas Azis, sejumlah sekolah juga telah meraih penghargaan sekolah Adiwiyata seperti dalam hal kebersihan lingkungan sekolah.”Setiap kegiatan di sekolah sudah melibatkan orang tua. Pihak sekolah juga dilarang keras melakukan pungutan ke orang tua siswa. Semuangan diatur oleh pengurus komite sekolah yang membentuk paguyuban masing-masing kelas. Mereka membantu pembenahan kelas anak-anaknya,” katanya.
Terkait pengangkatan kepala sekolah, Pemerintah Kota Makassar juga menggelar lelang jabatan untuk melihat kompetensi calon kepala sekolah apakah memiliki kemampuan membangun sekolah.
Menyikapi penjelasan Kadis Pendidikan Makassar, Ketua Komisi III, Rajab Janik, mengatakan, sangat tertarik dengan beberapa program pendidikan yang diluncukan Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini dinas pendidikan.”Kita tertarik melihat sejumlah program kerja dinas pendidikan. Kita juga melihat anggaran begitu besar diberikan melalui APBD Kota Makassar untuk memajukan pendidikan,” ujarnya.(ros)


Comments
To Top