Headline

BKMG: Tetap Waspada


HUJAN lebat yang berpotensi menimbulkan banjir di beberapa wilayah di Sulsel memang telah diprediksi sebelumnya oleh Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar.
Kabar baiknya, untuk wilayah Sulsel bagian barat, cuaca ekstrem berakhir kemarin, Minggu (12/1). Sesuai prediksi, seharusnya mulai hari ini tidak terjadi lagi hujan yang amat lebat seperti hari-hari kemarin.
Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Asriani Idrus, mengatakan jika puncak musim hujan 2020 terjadi di bulan Januari ini. Cuaca ekstrem sendiri diperkirakan hanya berlangsung hingga kemarin.
“Puncak musim hujan di Januari untuk Sulsel bagian barat. Puncak musim hujan itu perhitungannya dihitung dari total curah hujan dalam 1 bulan,” katanya.
Walaupun begitu, masyarakat tetap diimbau untuk selalu waspada. Apalagi musim hujan belum berakhir. Jadi prediksi tersebut masih punya kemungkinan untuk bergeser.
Jika cuaca ekstrem kembali terjadi, maka wilayah pesisir barat Sulsel perlu waspada. Terutama daerah-daerah meliputi Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, dan Takalar. Kemudian perlu juga diwaspadai Soppeng dan Sidrap.
“Di bagian selatan Sulsel juga perlu diwaspadai akan hujan dan angin kencang. Mulai dari Jeneponto sampai Bulukumba dan Selayar,” jelasnya.
Berbeda dengan wilayah Sulsel bagian barat, Sulsel bagian timur baru akan terjadi puncak musim hujan pada Maret atau April.
Sementara musim hujan sendiri diprediksi baru akan berakhir pada April. Musim kemarau akan terjadi diperkirakan sekitar Bulan Mei. (nug/rus)


Comments
To Top