Gojentakmapan

TWA Bantimurung Jadi Pilihan Wisman


MAROS, BKM — Taman Wisata Alam (TWA) Bantimurung tak hanya menjadi pilihan wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara (Wisman). Terbukti dengan adanya kunjungan sekitar 150-an orang Wisman.
Mereka merupakan penumpang kapal pesiar Sun Princess yang mampir di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Minggu (29/12). Kedatangan 150 Wisman di Bantimurung kali ini, disambut khusus pihak pengelola. Mulai dari penyambutan adat aru, hingga pemakaian baju adat Bugis Makassar kepada dua orang perwakilan.
Kepala Dinas Pariwisata Maros, Muhammad Ferdiansyah, mengatakan, pihaknya sengaja memberikan penyambutan khusus itu sebagai ungkapan terima kasih kepada Wisman yang kunjungannya terus meningkat di Bantimurung.
”Selama ini memang mereka tidak pernah diperlakulan khusus. Nah, sebagai bentuk terimakasih kami, makanya kami buat penyambutan ini ke mereka. Selain itu, kami ingin penyambutan ini menjadi cerita menarik dan kesan baik buat mereka,” katanya.
Setahun terakhir ini, kata dia, jumlah kenaikan pengunjung wisatawan mancanegara naik hingga 35 persen. Hal ini juga berdampak pada pertumbuhan pendapatan pihak pengelola yang mencapai 13 persen sampai akhir tahun ini.
”Ke depannya, kita akan terus membuka kerjasama dengan pihak travel terkait kunjungan wisatawan luar ini. Dulunya memang ada komunikasi yang kurang nyambunglah. Makanya kita perlahan benahi dan terbukti ada kenaikan persentase kunjungan,” lanjutnya.
Selain jalinan kerjasama, pihaknya juga terus melakukan upaya penataan di dalam areal kawasan Bantimurung yang saat ini sudah sangat tertata baik. Sejumlah fasilitas terus disiapkan oleh pihak pengelola untuk memberikan pelayanan maksimal ke pengunjung.
Salah seorang wisatawan asal Australia, Emy mengaku takjub dengan pesona alam yang ada di objek wisata ini. ”Bantimurung sangat cantik, sangat bagus. Saya senang melihat anak-anak bermain air di bawah air terjun,” akunya.
Emy mengakui, ini kali pertama ia berkunjung ke Bantimurung. Namun kalau ke Indonesia sudah sering. ”Kalau ke Indonesia sudah beberapa kali. Tapi Bantimurung baru pertama kali,” akunya.
Tak hanya Emy, Adrian juga mengaku takjub dengan suasana alam di Bantimurung. (ari/mir/c)



Comments

To Top