Metro

PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas Gelar FGD Penyusunan Borang Akreditasi


Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Bedah Mulut dan Maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) mengadakan Focus Group Discussion (FGD). FGD ini membahas penyusunan borang akreditasi 9 kriteria Program Studi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial di Hotel Mercure, Sabtu (7/12/2019).

MAKASSAR, BKM — Dalam upaya mempersiapkan akreditasi, Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Bedah Mulut dan Maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) mengadakan Focus Group Discussion (FGD). FGD ini membahas penyusunan borang akreditasi 9 kriteria Program Studi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial di Hotel Mercure, Sabtu (7/12/2019).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rencana strategis terkait pengembangan mutu dalam pemetaan ketersedian kelengkapan dokumen mutu pada tiap-tiap program studi.

Kegiatan ini mengundang seluruh dosen dan DPJP Prodi Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas dengan menghadirkan narasumber Dekan FKG Unhas, drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) bersama Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unhas yang juga sebagai Ketua Program Studi (KPS) Bedah Mulut dan Maksilofasial drg. Andi Tajrin, M.Kes., Sp.BM(K).

Sesi pertama, presentasi disampaikan oleh drg. Andi Tajrin tentang Kebijakan dan Strategi Penyusunan Borang Akreditasi 9 Kriteria.

KPS BM dan Maksilofasial ini mengungkapkan, yang menjadi penguatan capaian akreditasi kedepan yaitu menjadikan program studi yang berakreditasi A dan mendapatkan akreditasi internasional, memaksimalkan peningkatan akreditasi prodi B ke A, serta meminimalkan akreditasi prodi C. Semakin banyak prodi yang terakreditasi baik akan menjadi pondasi kuat Perguruan Tinggi (PT-N) untuk mencapai akreditasi PT-N yang baik pula. PT-N yang terakreditasi baik memberi jaminan kepada publik untuk pemilihan Program Studi.

Pria dengan hobi tenis lapangan ini kemudian melanjutkan penjelasannya tentang beberapa poin mengenai 9 kriteria yang harus ada pada dokumen Akreditasi seperti visi misi, tujuan dan strategi, tata pamong dan kerjasama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan sarana prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan luaran serta capaian pendidikan penelitian pengabdian kepada masyarakat.

Dekan FKG Unhas drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K). Menyampaikan “Saat ini Fakultas Kedokteran Gigi Unhas memiliki 6 (enam) Prodi,” kata drg. Ruslin.

“Untuk Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis kami memiliki lima prodi yakni 1 (satu) prodi berakreditasi A, dua prodi berakreditasi B dan dua prodi masih berakreditasi minimal oleh LAMPTKES,” tambah drg. Ruslin.

“Hal itu tentu saja tidak lepas dari kelengkapan dokumen prodi yang dimiliki oleh setiap prodi saat melakukan penulisan borang prodi,” tutup drg. Ruslin.

Dalam FGD ini pula, narasumber bersama dengan kaprodi-kaprodi membahas ketersediaan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam proses akreditasi. (rls)


Comments
To Top