Headline

Pendaftar CASN Bisa Ajukan Sanggahan


Jika tak Lulus Verifikasi Berkas Lamaran

MAKASSAR, BKM — Tahapan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) kini tengah berproses. Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, saat ini sedang berlangsung verifikasi berkas lamaran. Proses verifikasi dilaksanakan hingga pertengahan Desember ini.
Menurut Kepala Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (Kakanreg BKN) Wilayah IV Harun Arsyad, hasil verifikasi segera diumumkan. Selanjutnya, peserta CASN yang tidak lolos verifikasi diberikan waktu sanggah untuk mengetahui apa-apa yang tidak dipenuhi.
“Setelah kita verifikasi (berkas), kemudian kita umumkan yang lulus. Yang tidak lulus kita beri waktu untuk menyangga. Setelah dijawab, barulah dianggap selesai lulus berkas,” jelas Harun, Kamis (5/12).
Selanjutnya, kata Harun, pada Februari 2020 akan digelar seleksi CAT, yang jadwalnya sudah diatur oleh BKN. Untuk kepentingan tersebut, BKN saat ini sementara turun ke kabupaten/kota guna melakukan survei lokasi.
Berbeda dengan pelaksanaan seleksi CAT pada penerimaan CASN sebelumnya, tahun ini akan digelar secara mandiri di kabupaten/kota masing-masing.
Jika sebelumnya dipusatkan di Makassar, tahun ini, berdasarkan edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), seleksi di masing-masing daerah.
“Artinya, setiap kabupaten/kota menyelenggarakan secara sendiri. Panitia lokal menyiapkan fasilitas dan sarana sendiri. Termasuk menyiapkan komputernya, listrik, jaringan internet, dan sarana pendukung lainnya. Kami (BKN) tinggal menyiapkan servernya,” ungkap Harun.
Dia melanjutkan, sudah ada beberapa daerah yang sudah disurvei BKN, dan lokasi pelaksanaan ujian CAT sudah disepakati. Ada daerah yang menggunakan gedung pertemuan. Ada juga sekolah.
Daerah yang sudah disetujui lokasinya adalah Kota Parepare, Kabupaten Pinrang, Tana Toraja, Enrekang, Luwu Timur, Luwu, Palopo, dan Kabupaten Selayar. Survei akan dilanjutkan lagi ke daerah lain.
Khusus untuk penyediaan komputer, lanjut Harun, disesuaikan dengan banyaknya pelamar di suatu daerah. Jadi, jika misalnya jumlah pelamar 3.000 hingga 4.000 orang, kabupaten/kota diharapkan paling tidak menyiapkan sekitar 300 komputer.
Lebih jauh dikemukakan, khusus untuk pelamar CASN di instansi vertikal alias di kementerian atau lembaga, lokasi seleksi CAT akan ditentukan Kanwil BKN Regional IV.
“Khusus untuk pelamar di instansi vertikal, nanti kami (BKN) yang atur,” tambahnya.
Untuk seleksi CAT lingkup Pemprov Sulsel sendiri, lanjut Harun, hingga saat ini belum ada laporannya di mana akan digelar. “Kalau pemprov belum ada informasi di mana akan dilaksanakan. Staf saya belum menyampaikan,” ungkapnya.
Dihubungi terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Asri Sahrun Said, mengatakan untuk lokasi ujian CAT, ada beberapa alternatif lokasi yang bisa digunakan. Dua di antaranya adalah Celebes Convention Centre (CCC) dan GOR Sudiang.
Soal jadwal pelaksanaan seleksi, Asri mengatakan, pihaknya akan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan oleh BKN.

Makassar Tunggu Anggaran

Pemerintah Kota Makassar menjadwalkan akan mengumumkan hasil seleksi administrasi pendaftar CASN pada 15-16 Desember 2019 mendatang. Nantinya pendaftar diberikan kesempatan untuk melakukan komplain bila terdapat kekeliruan selama prosesnya.
Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi BKPSDMD Kota Makassar Abd Kadir Masri, mengakui jika tahun ini memang ada perbedaan proses seleksi.
“Bedanya, kalau tahun ini pendaftar diberikan kesempatan untuk melakukan komplain atau sanggahan apabila dirasa terdapat kekeliruan pada proses seleksi administrasi,” ujarnya, kemarin.
Apabila berkas dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS, lanjut Kadir, pendaftar diberikan waktu tiga hari pascapengumuman hasil seleksi administrasi untuk melakukan pengaduan.
“Kalau misalnya ada yang berkasnya salah input atau permasalahan lainnya, bisa langsung menyampaikan pengaduan,” imbuhnya.
Panitia seleksi CASN diberikan waktu maksimal tujuh hari untuk memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan dengan dokumen yang diunggah pendaftar, sampai dengan penetapan keputusan masa sanggah.
Pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 15-16 Desember. Masa sanggah berlangsung 17-19 Desember. Sementara pengumuman hasilnya dilaksanakan 26 Desember.
Setelah dinyatakan lolos seleksi berkas, nantinya para pelamar bakal mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan model computer assisted test (CAT).
Untuk CAT sendiri, belum ada tempat dan waktu yang pasti. Kadir menjelaskan, penentuannya akan dilakukan saat anggaran untuk pelaksanaannya telah ditetapkan.
“Jadi kita masih menunggu dulu berapa anggarannya untuk 2020 nanti. Kalau sudah jelas, baru kita tentukan di mana. Karena tempat juga kan bergantung anggaran kita berapa. Kalau besar, kita cari juga ruangan yang besar,” jelas Kadir.
Namun, untuk pelaksanaannya, kemungkinan antara Februari atau Maret 2020. Kepastian waktunya akan ditentukan kemudian. (rhm-nug/rus)


Comments
To Top