Headline

Minimal Hampir Sama UMP


KETUA Ikatan Guru Indonesia (IGI) Ramli Rahim, menyambut baik rencana Pemprov Sulsel yang akan menaikkan insentif guru honorer. “Itu sudah lumayan bagus. Tapi bukan persoalan angka yang diharapkan. Prinsipnya bagaimana guru honorer itu bisa mendapatkan insentif minimal hampir sama dengan upah minimum provinsi atau UMP,” ujarnya, kemarin.
Seperti diketahui, UMP untuk Sulsel tahun depan di kisaran Rp3,1 juta. Artinya, untuk mendekati UMP, dengan bayaran Rp20 ribu sejam, seorang guru honorer harus diberi jam mengajar 30 hingga 40 jam dalam sepekan.
Selanjutnya, kata Ramli, Pemprov Sulsel harus selektif dan melakukan verifikasi ulang supaya guru honorer yang mengajar di sekolah betul-betul memiliki SK bayar dari gubernur Sulsel.
“Karena kalau ada itu, kan guru-guru bisa mengurus NUPTK dan bisa dapat impassing walaupun belum pegawai negeri,” jelasnya.
Selanjutnya, untuk membuka kesempatan bagi guru honorer bisa mengajar 30 hingga 40 jam seminggu, harus bisa diatur supaya mereka bisa mengajar tidak hanya satu mata pelajaran. Tapi harus mata pelajaran serumpun. Misalnya, pelajaran yang berkaitan dengan ilmu sosial atau ilmu pengetahuan alam. (rhm/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top