Headline

Izin Usaha Terbit Jika Pajak Kendaraan Lunas


Berlaku Mulai 1 Desember 2019

MAKASSAR, BKM – Untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan meningkatkan penerimaan pajak daerah, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Sulawesi Selatan Nomor 21/V/Tahun 2019 tentang konfirmasi status wajib pajak dalam pemberian layanan publik tertentu di lingkungan Pemprov Sulsel.
Dalam pergub ini diatur, bahwa untuk mendapatkan surat izin tertentu dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemprov Sulsel, pengusaha tidak boleh menunggak pajak daerah.
Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bapenda Sulsel Darmayani Mansyur, mengatakan izin baru dapat diterbitkan apabila pengusaha telah mendapatkan surat keterangan status wajib pajak daerah (KSWPD) dari Bapenda, yang membuktikan bahwa yang bersangkutan tidak memiliki tunggakan salah satu dari lima jenis pajak yang dikelola Pemprov Sulsel.
Lima jenis pajak itu adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Air Permukaan (PAP), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), dan Pajak Rokok.
“Pengusaha yang ingin mengurus izin tertentu akan diperiksa dulu tunggakan pajaknya. Jika menunggak salah satu dari lima item pajak tersebut, maka perizinannya tidak akan diterbitkan,” ujarnya.
Untuk memudahkan wajib pajak dalam mengurus izin, Bapenda Sulsel dan DPMPTSP Sulsel telah melakukan integrasi data sistem atau host to shost, sehingga data wajib pajak dapat dilihat oleh kedua lembaga tersebut.
Untuk memudahkan wajib pajak atau pengusaha melunasi PKB, Bapenda Sulsel telah membuka loket Samsat di DPMPTSP. Pengusaha yang menunggak dapat melunasi langsung tunggakan PKB-nya di loket tersebut.
Setelah melunasi tunggakannya, wajib pajak atau pengusaha akan mendapatkan lembaran KSWPD dari Bapenda Sulsel sebagai syarat agar izinnya diterbitkan oleh DPMPTSP. Pergub ini berlaku secara bertahap mulai 1 Juli 2019 hingga 1 Desember 2019. (*)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top