Bisnis

Seni Menggambar Miliki Peluang Ekonomi Kreatif


IST WORKSHOP -- Ki-ka: Rafael Lilik Gunawan, Division Manager pt.Datascrip, Asrika Vitawati, Doodle Artist, Kensuke Yamamoto, Chief Representative Tombow Pencil Co., Ltd., Sylvia Lionggosari, Division Director pt. Datascrip, Jeremy Jonathan, Watercolor Artist, dan Eko Fitriono, Lettering Artist, berfoto bersama usai acara media gathering & inspiring session Tombow Grand Workshop.

MAKASSAR, BKM — Kreativitas generasi muda kini semakin beragam. Termasuk seni menggambar yang terus berkembang dan mengikuti tren. Seni menggambar seperti doodle, decorative lettering hingga comic character tidak hanya menarik sebagai hobi, melainkan juga memiliki peluang ekonomi kreatif dan membuka kesempatan untuk digeluti secara profesional.
Datascrip sebagai exclusive distributor Tombow di Indonesia mendukung perkembangan seni menggambar kontemporer ini dengan menggelar acara Tombow Grand Workshop di Ciputra Artpreneur (Jakarta), Sabtu (30/11).
Ajang ini menghadirkan lima artis profesional dari masing-masing genre seni menggambar, mulai dari watercolor, lettering, doodle, decorative lettering, hingga comic character. Dalam kegiatan yang digelar satu hari ini, para pemateri workshop berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka kepada para peserta.
”Tombow Grand Workshop hadir sebagai ajang untuk mengasah kreativitas seni menggambar di kalangan anak muda. Acara ini sekaligus menjadi wadah untuk berbagi ilmu dan pengalaman dari para profesional dibidangnya,” ujar Sylvia Lionggosari, Division Director pt.Datascrip dalam rilisnya yang disampaikan ke redaksi Berita Kota Makassar, akhir pekan lalu.
Tombow Grand Workshop terbagi menjadi kelas Basic dan Advance. Masing-masing kelas terdiri dari 5 genre seni menggambar, yaitu watercolor art dengan pemateri Jeremy Jonathan (@Jerome_jonathan), lettering dengan pemateri Eko Fitriono (@kulapanik), decorative lettering dengan pemateri Andiani Herlina (@dee_journal), doodle dengan pemateri Asrika Vitawati (@asrikavw) dan comic character dengan pemateri Devita Krisanto (@devitakrisanti).
Selain dapat mengasah kreativitas pada kelas-kelas yang digelar, peserta juga berkesempatan mengikuti Inspiring Session Talkshow bersama para pemateri. Melalui Inspiring Session ini Jeremy Jonathan, Eko Fitriono, dan Asrika Vitawati berbagi pengalaman serta tips seputar seni menggambar yang mereka geluti.
Awalnya para pemateri yang berusia muda ini menyukai seni menggambar sebagai sebuah hobi, namun setelah memperdalam ketertarikan mereka, seni ini menjadi sebuah profesi yang menjanjikan.
Seperti pengalaman Jeremy Jonathan, yang juga merupakan Brand Ambassador of Tombow. Pada Oktober 2019, Jeremy berkesempatan menggelar pameran karya-karyanya di Singapura. Selain mengadakan program online class. Ia pun sering mengajar workshop di berbagai kota di Indonesia, bahkan hingga ke Malaysia dan Singapura.
Begitu pula Eko Fitriono, yang melalui keterampilannya dalam seni lettering, telah menggelar sejumlah workshop serta menerima proyek komersial dari kliennya yang tersebar di dalam maupun luar negeri. Adapun Asrika Vitawati telah menerbitkan beberapa buku tentang ilustrasi doodle, yaitu Doodle Kingdom, Doodle Land, dan yang terbaru Doodle for Your Journal.
Kensuke Yamamoto, Chief Representative Tombow Pencil Co. Ltd. yang juga menjadi pembicara pada Inspiring Session Talkshow mengungkapkan, Tombow berpengalaman selama lebih dari 100 tahun dalam menghadirkan beragam produk alat tulis berkualitas untuk kalangan profesional dan pegiat seni.
Berbagai pilihan tipe produk tersedia untuk para penggemar seni menggambar, di antaranya Dual Brush Pen ABT yang tersedia dalam 108 warna dan Fudenosuke, pena khusus yang ideal untuk seni kaligrafi maupun lettering. (mir)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top