Metro

Pemilik Tanah Lakukan Peninjauan Lokasi Bersama BPN


BKM/ZAIN SYAM LOKASI--Ahli waris pemilik tanah di Jalan Manggala No 27, Dra Hj Magdalena De Munnik melakukan peninjauan lokasi tanah miliknya bersama Tim dari BPN Kota Makassar.

MAKASSAR, BKM–Dra Hj Ratu Magdalena De Munnik melakukan peninjauan di lokasi tanah miliknya di Jalan Manggala No 27, baru-baru ini. Lokasi tanah tersebut berada di Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala Makassar. Peninjauan ia lakukan bersama Tim BPN Kota Makassar dan beberapa orang dari pihak kepolisian Polrestabes Makassar. Sebelum ke lokasi Magdalena menyampaikan ke pihak Polrestabes Makassar, Camat Panakkukang, Anshar Umar, MSi dan Lurah Manggala.
Magdalena yang akrab di sapa Andi Sitti Patimah Kr Intan, meninjau lokasi tanah milik orang tuanya bernama H.De Munnik bin P.Cornelis Hendrik De Munnik dengan Farida binti Supu Mallewai Dg Patangnga. Letak lokasinya di Jalan Manggala No 27. Diatas lokasi dijumpai ada bangunan perumahan atas nama SK Gubernur Sulsel era Basri Palaguna dan ada juga bangunan atas nama SK pemerintah Kota Makassar, era Wali Kota Suwahyo. Kedua SK itu dinilai oleh Magdalena sebagai salah alamat yang tanpa sepengetahuan pemilik asal. Kunjungan itu dilakukan Magdalena setelah beberapa saat ia berada di luar Sulawesi.
Hj Magdalena mengatakan, lokasi yang ditinjau seluas 52 Ha (lima puluh dua ribu meter persegi), berdasarkan akta balik nama dari atas nama Ratu No 27. Balik nama berdasarkan pemisahan dan pembagian dari sebuah persil yang termaktub dalam Surat Ukur tanggal 31 Oktober 1930 No 60, terletak di Kampung Manggala Distrik Tombolo Pemerintah Daerah Makassar, Daerah Kadaster Makassar Seksi B nomor 1762 Nomor Verponding RVO.12 dan Retifikasi akte eigendom (tanah milik) tanggal 9 Desember 1930 nomor RVO.12 atas nama tuan Cornelis de Munnik. Dan selama kurun waktu 1928-1932 dikenakan pajak F 190 bagian yang berimbang atas nama Cornelis de Munnik.
Disebutkan pula Hj Magdalena, di atas luasnya 520.000 M2 merupakan bagian dari persil eigendom nomor verponding R.12 menurut akte yang sah tertanggal 14 Februari 1912 No 38 atas nama daeng Sangkala Pengukurannya dilakukan atas permohonan dan penunjukan (batas-batas) Daeng Sangkala yang dikuasakan untuk itu. Setelah pencantunan surat ukur ini dan yang tertanggal hari ini No 59 dalam sebuah akte yang sah, maka surat ukur tertanggal 20 Oktober 1912 No 27 tidak dapat lagi digunakan, jelas Magdalena sebagaimana ditulis hasil terjemahan Bahasa Indonesia dari Naskah Berbahasa Belanda oleh penerjemah Drs David G. Manuputty, M.Hum yang diketahui Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulselbar, Drs. Adri MPd.
Dokumen yang dibawa Kr Intan itu, selain ada Retifikasi akte eigendom tanggal 4 Desember 1948 nomor 268 dari Ratu ke atas nama Cornelis de Munnik. Juga bundel kepemilikan itu dilengkapi dengan Surat Keterangan Pedaftaran Tanah No.420/2000. SK itu diuraikan berdasarkan dokumen pendaftaran tanah yang ada pada kantor BPN Kota Makassar atas nama Cornelius De Munnik, bekas eigendom RV0 No.12, luas 520.000 M2 Surat Ukur tanggal 6-6-1899. Semua itu dibarengi dengan kelengkapan data terakhir dalam bentuk surat pernyataan dan surat penguasaan fisik (Sporadik) Magdalena yang diketahui Lurah Manggala, Abd Rasyid pada 1997. Bahwa tanah tersebut terdaftar dalam buku letter F dan C di Kelurahan Manggala. Dengan demikian maka Surat Keterangan Pendaftaran Tanah diterbitkan oleh Kepala Seksi Pengukuran dan Pendaftaran Tanah an.Kepala BPN Kota Makassar, Drs M Hikmat untuk atas nama Magdalena De Munnik. (zai/war)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top