Headline

Ada Formasi Nihil Pendaftar di Pemprov


Pendaftaran CASN Diperpanjang Hingga Besok

MAKASSAR, BKM — Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sedianya berakhir Senin (25/11). Namun,Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperpanjang masa pendaftaran hingga besok, Rabu (27/11) pukul 17.15 Wita.
Sebelumnya, jadwal pendaftaran CASN Pemprov Sulsel berlangsung 11-25 November 2019. Karena adanya perpanjangan waktu, masih ada rentang waktu dua hari ke depan bagi yang belum mendaftar untuk segera mengikuti tahapan seleksi.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Asri Syahrun Said mengungkapkan hal itu kepada wartawan, Senin (25/11) di Kantor Gubernur Sulsel. Ia menerangkan, data hingga Senin (25/11) siang, tercatat jumlah pelamar CASN Pemprov Sulsel sebanyak 6.743 orang. Namun, dari angka tersebut baru sekitar 4.617 yang melakukan submit untuk mengembalikan berkas pendaftaran.
Asri menambahkan, karena perpanjangan waktu selama dua hari yang diberikan BKN, diprediksi jumlah pendaftar akan mengalami lonjakan dibanding Senin kemarin.
Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi ASN Pemprov Sulsel Taufiq Akbar, menjelaskan hingga saat ini, formasi yang paling banyak diminati pelamar di Pemprov Sulsel adalah perawat.
“Jumlahnya mencapai seribuan lebih. Formasi itu yang paling banyak diminati,” ungkap Taufik.
Namun, hingga saat ini, masih ada juga formasi yang tak ada pendaftarnya satu pun alias masih kosong. Formasi yang dimaksud adalah D3 elektromedik untuk penyandang disabilitas.
Diketahui, berdasarkan surat Kemenpan-RB bernomor: B/1007/S.SM.01.00/2019 per tanggal 1 Oktober lalu, pendaftaran seleksi CPNS 2019 digelar pada November, lalu disusul pengumuman seleksi administrasi Desember 2019.
Selanjutnya, pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) digelar Februari tahun 2020, menyusul pengumuman di bulan Maret. Tahapan pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) juga pada bulan Maret. Lalu penetapan nomor induk pegawai (NIP), dan pengangkatan sebagai CANS akan dilakukan April 2020 mendatang.
Khusus di lingkup Pemprov Sulsel, selain formasi umum, juga dibuka formasi khusus bagi penyandang disabilitas dan cumlaude.
Syarat pendaftaran, hampir sama dengan yang ditetapkan seluruh pemerintah daerah, karena semua mengacu pada aturan yang telah ditetapkan Kemenpan RB.
Pemprov Sulsel tahun ini mendapat jatah sebanyak 195 kuota. Angka tersebut di bawah usulan Pemprov Sulsel yang mengajukan 241 kuota.
Sebelumnya, Pemprov Sulsel juga mengusulkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 302 kuota. Namun sayang, ternyata tahun ini pemerintah pusat belum membuka lowongan.
Formasi CPNS Pemprov Sulsel terdiri atas, tenaga kesehatan 77 kuota dan tenaga teknis 118 kuota. Kuota ini terbuka mulai jenjang pendidikan sarjana, diploma hingga Sekolah Pertanian Menegah Atas (SPP).
Di sektor kesehatan, penerimaan terbanyak dibuka untuk tenaga perawat (D-III Keperawatan) 47 kuota. Sementara tenaga teknis, penerimaan terbesar dibuka untuk tenaga ahli pertama pengendali organisme penggangu tumbuhan (S-1 hama dan penyakit tumbuhan/agroteknologi/agronom).
Khusus untuk lulusan SMK Pertanian atau SPP dibuka 20 kuota untuk jabatan pemula pengendali organisme penggangu tumbuhan. (rhm/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top