Metro

Prostodonsia FKG dan Kesehatan Mata FK Kolab Bahas Mata Palsu


Departemen Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran (FK) Unhas berkolaborasi (kolab) mengadakan seminar sehari, Sabtu (23/11/2019).

MAKASSAR, BKM — Departemen Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran (FK) Unhas berkolaborasi (kolab) mengadakan seminar sehari, Sabtu (23/11/2019).

Seminar yang mengangkat tema “Ocular Prostheses (Protesa Mata)” ini bertujuan untuk saling berbagi pengetahuan tentang bidang protesa mata atau yang lebih umum dikenal dengan mata palsu.

Seminar yang bertempat di Ruang Molar FKG Unhas merupakan realisasi kerjasama yang telah terjalin antara Departemen prostodonsia FKG Unhas dengan Departemen Ilmu Penyakit Mata FK Unhas.

Seminar ini mengahadirkan pemateri diantaranya Dr. dr. Halimah Pagarra, Sp.M(K) (Ketua Subdivisi Rekonstruksi Okuloplasti dan Onkologi Departemen Ilmu Kesehatan Mata FK Unhas) dan Prof. Dr. drg. Edy Machmud, Sp.Pros(K) (Ketua Ikatan Prostodonsia Cabang Makassar). Seminar dipandu dua moderator yakni Dr. drg. Ike Damayanti, Sp.pros(K) dan dr. A. Pratiwi, Sp. M, M.Kes.

drg. Irfan Dammar, Sp.Pros(K) selaku KPS Prostodonsia FKG Unhas dalam sambutannya mengatakan protesa mata atau pembuatan mata palsu merupakan salah satu kompetensi dokter gigi spesialis prostodonsia.

“Selama ini kami telah melakukan pembuatan mata palsu di Rumah Sakit Gigi Mulut (RSGM) Unhas yang merupakan rujukan dari teman sejawat dokter spesialis mata,” jelas Irfan.

“Kedepannya akan dilanjutkan dengan kerjasama yang lebih intens dan berkesinambungan, ” tambah Irfan.

Sementara itu, Dekan FKG Unhas drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D.,Sp.BM(K), menyambut baik kolaborasi dua departemen ini.

“Kegiatan ini kedepannya akan dikembangkan menjadi kegiatan seminar ilmiah rutin (Annual Meeting) dengan skop yang lebih besar antara Departemen Prostodonsia FKG unhas dan Departemen Ilmu Penyakit Mata FK Unhas,” jelas drg. Ruslin.

“Tidak hanya menjadi kegiatan seminar ilmiah rutin, bahkan kami tantang agar kegiatan hari ini menjadi agenda rutin conference international,” kata Ruslin lagi.

“Semoga nantinya ada riset kerjasama antara dua departemen ini, ” harapnya.

Di sela seminar, drg. Vinsensia Launardo, Sp.Pros selaku ketua panitia penyelenggara menambahkan, kolaborasi ini nantinya akan dilanjutkan dengan bakti sosial pembuatan mata palsu yang diperuntukkan untuk para pasien mata yang membutuhkan.

Seminar ini juga dihadiri Prof. drg. Mohammad Dharma Utama, Ph.D, Sp.Pros(K), Prof. Dr. drg. Bahruddin Thalib, M.Kes, Sp.Pros(K), drg. Eri Hendra Jubhari, M.Kes, Sp.Pros(K), dr. Suliati, Sp.M(K), drg. Acing Habibie Mude, PhD.

Selain itu hadir pula para dokter spesialis mata, dokter spesialis prostodonsia yang bertugas di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara serta para residen PPDS Ilmu Kesehatan Mata dan residen PPDGS Prostodonsia Unhas. (rls)


Comments
To Top