Bisnis

Persaingan Ketat, Pendapatan XL Tetap Tumbuh


MAKASSAR, BKM — PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali mencatatkan kinerja keuangan yang menunjukkan terus tumbuhnya pendapatan di tengah ketatnya kompetisi industri telekomunikasi dan data tahun ini. Hingga sembilan bulan ditahun 2019 ini, pendapatan XL Axiata berhasil tumbuh sebesar 11 persen secara year on year (YoY). Dan selama periode triwulan ketiga naik 3 persen secara quarter on quarter (QoQ).
Pencapaian ini merupakan hasil usaha keras dalam mendorong penggunaan layanan pelanggan melalui upselling layanan data yang pada akhirnya mampu meningkatkan ARPU blended pada kuartal ini. Yaitu naik menjadi Rp36 ribu dari Rp34 ribu di kuartal sebelumnya.
Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan, pendorong utama keberhasilan melakukan upselling pada pelanggan merupakan inisiatif perusahaan dalam menerapkan Customer Value Management yang berbasis analytics dengan memanfaatkan platform Omni Channel.
Upaya ini termasuk di antaranya pemanfaatan digital IT dan data analytics untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. Sehingga perusahaan bisa lebih mudah dalam menyediakan dan menawarkan layanan yang memang dibutuhkan setiap pelanggan.
”Kami juga memiliki inisiatif lanjutan yang sedang kami rencanakan untuk dapat meningkatkan dan memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan,” kata Dian.
Dian menambahkan, kenaikan pendapatan didorong kenaikan pada pendapatan layanan sebesar 16 persen (YoY) dan pendapatan data yang melonjak hingga 30 persen dibandingkan periode yang sama ditahun sebelumnya. Pada saat yang sama, perusahaan juga berhasil melakukan efisiensi biaya sehingga mampu meningkatkan EBITDA sebesar 19 persen (YoY), yang sekaligus lebih tinggi dari pendapatan dan mendorong peningkatan EBITDA margin sebesar 3 ppts. XL Axiata juga kembali mencatatkan laba bersih yang telah dinormalisasi sebesar Rp505 miliar diperiode 9 bulan tahun 2019. (mir)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top