Headline

Ditangkap di Jakarta, Kajati Jemput Jen Tang


MAKASSAR, BKM — Berakhir sudah pelarian Soedirjo Aliman alias Jen Tang. Tersangka kasus dugaan korupsi sewa tanah negara di Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar tahun 2015 itu berhasil ditangkap, Kamis dini hari (17/10) pukul 00.15 WIB.
Sejak 1 November 2017, pemilik usaha diler mobil ini dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel. Langkah tersebut diambil karena Jen Tang tak penah menghadiri panggilan penyidiki kejati sejak kasus tersebut bergulir, hingga akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.
Jen Tang tergolong licin dan sulit untuk dibekuk. Hal itu terlihat dari perburuan terhadapnya ayng berlangsung hampir dua tahun lamanya.
Keberadaannya terlacak oleh tim intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung) RI yang ikut melakukan pengejaran. Jen Tang diketahui tengah berada dalam salah satau hotel di wilayah Senayan, Jakarta Selatan. Di tempat inilah ia diamankan.
Dr Mukti selaku Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI, membenarkan penangkapan tersebut. “Ini buronen ke 138 yang berhasil tertangkap di tahun 2019,” ujarnya, kemarin.
Mukri menuturkan, Jen Tang merupakan tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi yang merugikan negara sebesar Rp500 juta. Status tersangka ditetapkan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kejati Sulawesi Selatan Nomor : PRINT-509/R.4/Fd.1/11/2018.
“Tersangka akan diterbangkan menuju Makassar untuk menjalani proses hukum selanjutnya,” kata Mukti.
Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulsel Gery Yasid yang ditemui di kantornya, kemarin mengatakan, pihaknya melakukan penjemputan langsung terhadap Jen Tang. Tim dipimpin langsung Kajati Sulsel Dr Firdaus Dewilmar, Aspidsus dan tim penyidik.
“Kemungkinan yang bersangkutan akan tiba di Makassar pukul 21.00 Wita (tadi malam) dengan menggunakan pesawat Citilink,” ujar mantan koordinator Pidsus Kejagung RI ini.
Setibanya di Kejati Sulsel, lanjut Gery Yasid, terlebih dahulu akan dilakukan serah terima tersangka dari tim Intelijen Kejagung ke penyidik Kejati Sulsel. Selanjutnya dijebloskan ke sel tahanan Tipikor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Makassar. (mat/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top