Bisnis

Dorong Ekosistem Ekonomi Sirkular Lebih Baik


BKM/CHAIRIL INDRA PLASTIC REBORN -- Ka-ki Triyono Prijosoesilo, Director Public Affairs & Communication Coca-Cola Indonesia, Ahmad Zakky Habibie, Chief Operating Officer Ancora Foundation, Iqra Putra Sanur, Founder & General Manager Clean Up Indonesia, dan Adi Saifullah Putra, Chief Executive Officer & Co-Founder MallSampah pada acara pengenalan program Plastic Reborn.

MAKASSAR, BKM — Dalam mewujudkan World Without Waste, Coca-Cola bersama para mitra terus berupaya membantu mencari solusi terkait dengan permasalahan kemasan plastik. Di Indonesia, Coca-Cola menerapkan visi World Without Waste melalui inisiatif Plastic Reborn yang akan menjadi payung dalam berbagai inisiatif keberlanjutan dalam penanganan sampah plastik.
Triyono Prijosoesilo, Public Affairs and Communications Director Coca-Cola Indonesia, pada acara bincang-bincang Plastic Reborn 2.0 di Makassar, Rabu (16/10), menjelaskan, plastik reborn merupakan upaya Coca-Cola Indonesia untuk memberikan pemahaman baru bahwa kemasan plastik pascakonsumsi dapat dimanfaatkan kembali. Atau menyulapnya agar memiliki nilai bisnis. Sehingga dapat tercipta sebuah ekonomi sirkular yang berkelanjutan.
Melalui plastik reborn 1.0, Coca-Cola telah berhasil mengedukasi lebih dari 4.300 siswa SMA dan juga memfasilitasi pengumpulan kemasan plastik pascakonsumsi dilebih dari 100 titik sekolah dan universitas di kawasan Jakarta dan Bekasi yang kemudian telah dikelola dan diproses menjadi tas serbaguna bernilai komersial.
Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan dari Coca-Cola, pada tahun 2019 ini Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bersama Ancora Foundation telah meluncurkan ‘Plastik Reborn 2.0’, sebuah lanjutan dari program kolaborasi yang menggandeng startup dibidang pengolahan sampah untuk membangun marketplace agar mendorong terbangunnya ekosistem ekonomi sirkular.
”Di plastik reborn 1.0, kami mempelajari bahwa dasar pengelolaan sampah yang berkelanjutan adalah pengumpulan limbah kemasan (waste collection) yang tepat dan harus dimulai dari pemilahan di rumahtangga. Ini yang menjadi kerangka utama dari ‘Plastik Reborn 2.0’, sebuah program kolaborasi dari para startup penggiat sampah yang akan bersinergi untuk membangun marketplace lebih efisien untuk sistem persampahan dan daur ulang. Plastik Reborn 2.0 berorientasi pada penggunaan teknologi dengan pendekatan unik akselerasi bisnis berbasis kemasan plastik pascakonsumsi,” tambah Triyono. (mir)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top