Headline

Seleksi CASN Akhir Oktober


Pemprov Belum Terima Petunjuk Resmi

MAKASSAR, BKM — Pemerintah pusat sudah menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk menjadwal penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2019. Rencananya, pengumuman terkait seleksi CASN akan dilaksanakan akhir Oktober ini.
Kendati penerimaan sudah akan dijadwalkan dalam waktu dekat, namun hingga saat ini Pemprov Sulsel belum menerima petunjuk resmi dari pemerintah pusat.
Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Asri Syahrun Said, sampai sekarang belum ada surat resmi tentang proses rekruitmen tersebut. “Memang ada penerimaan, tapi belum tahu kapan dan berapa kuota yang disetujui,” katanya, Minggu (13/10).
Juklak dan juknis rekrutmen CASN 2019 belum ada. Passing grade juga tidak diketahui. Kuota untuk Sulsel sampai saat ini juga tak ada pemberitahuan.
“Kami tidak ingin membuat harapan yang tidak jelas. Belum ada petunjuk apa pun. Jadi memang ini belum bisa berikan kepastian berdasarkan pengumuman. Nanti kami sampaikan ternyata ada perubahan dari atas. Seolah-olah kita tidak konsisten. Itu yang kita takutkan,” ujarnya memberi alasan.
Pemprov sendiri sudah mengusulkan bidang apa saja yang perlu penambahan ASN. Jabatan tidak ada orangnya diusulkan untuk diisi semua. Bukan hanya bidang kesehatan atau pendidikan, melainkan juga administrasi.
“Formasi yang kosong sudah kami usulkan. Tapi, tidak tahu formasi apa saja yang dapat nanti,” ucapnya.
Sebab, penerimaan CASN merupakan kewenangan pemerintah pusat. Pemda sebagai fasilitas saja.
Asri menyampaikan, terkait rekrutmen CASN, pihaknya tidak mau berspekulasi. Sebab, kewenangan pemda hanya mengusulkan formasi apa saja yang kosong. Informasi awal, sebut dia, rekrumen CASN 2019 akan dilaksanakan Oktober mendatang. Namun, sekali lagi informasi tersebut tidak melalui surat resmi dari pemerintah pusat. “Dalam rakor-rakor yang kami ikuti, katanya Oktober. Tapi, tidak tahu kepastiannya,” imbuhnya.
Dilihat dari data tahap kegiatan rencana pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS 2019, bahwa yang pertama yaitu pengumuman akan dilakukan pada akhir Oktober sampai November 2019 sekaligus pendaftaran. Kemudian pengumuman hasil seleksi administrasi bulan Desember, dan masa sanggah pada Januari 2020 sekaligus pengumuman jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
Selanjutnya, pelaksanaan SKD akan dilakukan pada Februari 2020. Kemudian pengumuman hasil SKD yaitu Maret, sekaligus pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan pengumuman hasil integrasi nilai SKD dan SKB pada bulan April 2020.
Untuk total penerimaan CASN seluruh Indonesia yakni 197.111 pegawai, baik umum maupun khusus. Untuk di pusat 37.854 pegawai, daerah (kabupaten/kota) sebanyak 159.257 pegawai. Sementara selebihnya khusus yaitu cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua Barat, serta lainnya.
Sedangkan untuk rincian per jabatan terbesar pusat dan daerah, guru 63.324 orang, kesehatan 31.756, teknis Fungsional 23.660, teknis lainya 28.767, dan manajemen 49.604 orang. (rhm/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top