Sulselbar

Peternakan Unhas Bekali Peternak Parepare Inseminasi Buatan


Fakultas Peternakan Unhas melaksanakan pengabdian masyarakat Program Bina Desa Mahasiswa di Dusun Mangimpuru, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulsel, Sabtu (12/10/2019).

PAREPARE, BKM — Fakultas Peternakan Unhas melaksanakan pengabdian masyarakat Program Bina Desa Mahasiswa di Dusun Mangimpuru, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulsel, Sabtu (12/10/2019). Kegiatan ini berlangsung dua hari hingga Minggu (13/10/2019).

Pada program Bina Desa Mahasiswa ini para peternak diajar tentang “Peningkatan Kapasitas Peternak dalam Penerapan Inseminasi Buatan dan Manajemen Pemeliharaan Sapi Potong”.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin Komisariat Fakultas Peternakan Korwil Ajattappareng dan Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Parepare.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fakultas Peternakan Unhas Prof Dr Ir Jasmal A Syamsu, M.Si., IPU., ASEAN Eng menjelaskan bahwa bina desa merupakan program strategis bidang kemahasiswaan untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan inseminasi buatan, manajemen pemelihataan sapi potong, pemberian vitamin dan obat cacing pada sapi. Kegiatan ini melibatkan 25 orang mahasiswa.

Pelaksanaan bina desa diawali dengan penyampaian materi oleh Prof. Dr. Muhammad Yusuf, S.Pt, IPU, pakar reproduksi ternak Fakultas Peternakan Unhas.

Prof Yusuf membekali peternak dalam pengetahuan inseminasi buatan. Sementara pemateri yang lain,  Dr Zulkharnaim, S.Pt, M.Si menjelaskan tentang manajemen pemeliharaan sapi potong.

Setelah penyampaian materi dilajutkan diskusi. Peternak sangat antusias dalam menyampaikan berbagai masalah dan pandangannya dalam penerapan IB dan pemeliharaan ternak sapi yang mereka lakukan selama ini. Selanjutnya mahasiswa melaksanakan pemberian vitamin dan obat cacing kepada sapi.

Pembina IKA Unhas Fakultas Peternakan Wilayah Ajattapreng Ir Kaharuddin Kadir, M.Si yang juga anggota DPRD Kota Parepare menyambut gembira diadakannya kegiatan bina desa dengan bekerjasama dengan alumni peternakan.

Kahar berharap ke depan kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dan alumni selalu siap berkolaborasi dalam pelaksanaannya. (rls)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top