Headline

Pencuri Kabel Tower Telkomsel Ditembak


17 Kali Beraksi di Gowa dan Makassar

MAKASSAR, BKM — Malam mulai larut di Jalan Kelapa 3, Kecamatan Rappocini, Rabu (9/10). Kira-kira pukul 22.30 Wita.
Di tengah suasana yang mulai sunyi, tiba-tiba terdengar suara pistol menyalak. Aksi kejar-kejaran menimbulkan keriuhan. Beberapa pria bersenjata yang merupakan personel gabungan Polsek Rappocini yang diback up Timsus Polda Sulsel, berusaha melakukan perburuan terhadap targetnya.
”Berhenti!” begitu instruksi petugas. Dua kali senjata aparat berbuyi, seketika terdengar suara seorang pria meringis kesakitan. Ternyata, dua biji timah panas telah menembus kakinya.
Pria itu bernama Rinaldi (30). Oleh polisi, ia kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara guna mendapatkan perawatan medis.
Panit Timsus Polda Sulsel Ipda Artenius MB mengatakan, Rinaldi beralamat di Jalan Gunung Latimojong.
Polisi terpaksa melumpuhkannya karena mencoba melakukan perlawanan saat digiring dalam pengembangan penunjukan tempat kejadian perkara (TKP). Ia diringkus karena keterlibatannya dalam tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat).
Dari hasil pemeriksaan petugas, tersangka Rinal mengaku telah melakukan pencurian kabel milik PT Telkomsel di tower Jalan Kelapa 3, Kecamatan Rappocini. ”Ia kemudian digiring ke TKP. Namun, setibanya di lokasi tersangka melakukan perlawanan. Dia meronta hingga lepas dari kawalan. Kesempatan itu dimanfaatkannya untuk melarikan diri,” ungkap Ipda Artenius, Kamis (10/10).
Perwira polisi yang akrab disapa Puang Baso ini melanjutkan, upaya persuasif sebenarnya sudah dilakukan. Tiga kali tembakan peringatan ke udara diberikan. Namun tersangka mengabaikannya.
“Tiga kali tembakan ke udara dilepaskan sebagai upaya persuasif agar tersangka segera menghentikan pelariannya. Tapi tak dihirakan. Terpaksa dilumpuhkan di bagian kaki,” terangnya.
Panit II Reskrim Polsek Rappocini Iptu Nurtjahyana mengungkapkan, tersangka Rinaldi pernah bekerja di vendor PT Telkomsel. Hal itu terungkap saat dilakukan penyelidikan.
Setelah mengantongi identitas pelaku, selanjutnya polisi menyelidiki keberadaannya. Akhirnya, Rinaldi diketahui tengah bersembunyi di sebuah rumah Jalan Kapasa, Kecamatan Biringkanaya. Tersangka pun berhasil diringkus tanpa perlawanan.
Dari tangan tersangka disita sejumlah barang bukti. Di antaranya 23 kg kabel tembaga milik Telkomsel. Ada pula dua buah tang, sebilah pisau, serta dua obeng. Alat bukti tersebut digunakan tersangka saat melakukan aksinya.
”Saat diperiksa, tersangka mengaku melakukan pencurian kabel milik PT Telkomsel di dalam tower Jalan Kelapa 3, Kecamatan Rappocini. Dia juga mengaku pernah bekerja di vendor Telkomsel,” jelas Iptu Nurtjahyana.
Saat melakukan aksinya, tersangka terlebih dahulu memotong kabel menggunakan tang. Setelah itu mengupasnya, lalu mengambil tembaganya.
Perbuatannya bukan kali pertama. Melainkan sudah 17 kali. Ia mencuri kabel tower milik Telkomsel di wilayah Kabupaten Gowa dan Kota Makassar. (ish/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top