Headline

Catat Sejarah, Andi Ina Menangis


Perempuan Pertama Jadi Ketua DPRD Sulsel

MAKASSAR, BKM — Sejarah baru tercatat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel. Untuk pertama kalinya, lembaga legislatif tingkat provinsi ini dipimpin seorang perempuan.
Andi Ina Kartika Sari ditetapkan sebagai ketua definitif untuk periode jabatan 2019-2024. Srikandi Partai Golkar ini dipilih oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partau Golkar.
Penetapan itu dilakukan dua pekan setelah pelantikan 83 anggota DPRD Sulsel, 24 September 2019 lalu. Putri dari almarhumah Andi Tja Tjambolang yang juga pernah tercatat sebagai legislator Sulsel ini, menyisihkan enam legislator yang namanya diajukan ke DPP. Masing-masing Fachruddin Rangga, Sofyan Syam, Andi Hatta Marakarma, Rahman Pina, John Rende Mangontan, dan Ince Langke IA.
“Saya menerima informasi penetapan ketua definitif dari Ketua Umum DPP Golkar Pak Airlangga sejak 5 Oktober lalu,” ujar Ketua DPD I Golkar Sulsel HAM Nurdi Halid saat hadir ngopi di Warkop BM 11 Jalan Bontomangape, Makassar, Rabu (9/10).
Untuk itu, NH yang juga salah satu ketua DPP Golkar ini menugaskan Sekretaris Golkar Sulsel Abdillah Natsir untuk segera memproses SK Andi Ina, agar segera dilakukan pelantikan bersama empat pimpinan dewan lainnya.
Seperti diketahui, pimpinan dewan ada lima orang. Selain Andi Ina selaku ketua, ada empat lainnya selaku wakil ketua. Yakni Syaharuddin Alrif dari Nasdem, Darmawangsyah Muin (Gerindra), Ni’matullah Erbe (Demokrat), dan Muzayyin Arief (PKS).
NH Menambahkan, penunjukan Andi Ina murni merupakan keputusan ketua umum yang berasal dari hasil pleno DPD I.
Andi Ina yang juga hadir di lokasi pertemuan, berterima kasih dan mengapresiasi penunjukan dirinya sebagai ketua definitif. “Terima kasih ketua, pengurus dan lainnya atas amanah yang diberikan kepada saya. Saya tegaskan bahwa tidak pernah saya mengurus atau ada tokoh yang mengatur agar saya yang dipilih,” ujar legislator Sulsel tiga periode ini.
NH juga mengakui hal tersebut. Kata dia, semua keputusan berasal dari ketua umum DPP.
Penetapan Andi Ina sebagai ketua definitif DPRD Sulsel langsung mendapat ucapan selamat dari sejumlah pengurus. Utamanya dari politisi perempuan. Mereka bahkan beramai-tamai berfoto bersama. Seperti Rusni Kasman, Andi Dala Mappaonang, hingga Hj Asmara Cawidu.
Putri dari almarhum Andi Mustika M Said itupun tak bisa menyembunyikan rasa harunya. Air bening bahkan menitik dari sudut matanya. Sesekali ia mengusapnya dengan tisu.

Tetap Kritis

Meski saat ini DPRD Sulsel dipimpin oleh seorang wanita, namun NH berharap agar Fraksi Golkar tetap menjadi kritis terhadap sejumlah persoalan yang tidak pro rakyat. “Saya berharap Golkar Sulsel menjadi kritis, strategis dan proporsional terhadap pemerintah,” kata NH yang didsampingi belasan pengurus Golkar Sulsel.
Diapun menyiapkan sanksi bagi wakil Golkar di parlemen yang tak taat azas atau tidak pro rakyat. “Jika tidak menjalankan aturan organisasi, maka ada sanksi organisasi,” janji NH didampingi jubir Golkar Muhammad Risman Pasigai. (rif)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top