Gojentakmapan

Debit Air PDAM Berkurang


MAROS, BKM — Musim kemarau yang panjang tidak hanya berdampak kekeringan pada area persawahan. Tapi juga pasokan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Maros.
Direktur Umum PDAM Maros, Abd Baddar, saat meninjau Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pattontongan mengatakan, IPA Pattontongan sudah tidak beroperasi sejak Rabu pagi. Pasalnya, tidak ada pasokan air yang masuk ke IPA karena kanal mengalami kekeringan.
”Terakhir beroperasi itu Rabu pagi pukul 08.20. Setelah itu kita shutdown karena tidak ada air yang bisa diisap pompa. Ada tiga mesin IPA yang tidak berfungsi. Akibatnya, pasokan air bersih ditiga kecamatan akan terganggu,” papar Abd Baddar.
Tiga kecamatan yang bakal terganggu pasokan airnya, yakni Mandai, Marusu, dan Tanralili. Dari tiga kecamatan tersebut, sedikitnya 7 ribu pelanggan PDAM akan merasakan dampak kekurangan pasokan air.
IPA Pattontongan sendiri memiliki kapasitas 90 liter per detik dan melayani pelanggan tiga kecamatan. Baddar menambahkan, kurangnya pasokan air IPA Pattontongan yang airnya bersumber dari Bendungan Lekopancing diperparah dengan banyaknya kebocoran pada kanal. Hasil inspeksi tim PDAM Maros setidaknya ada 5 titik kebocoran di sepanjang kanal sehingga air tidak sampai di IPA.
”Ini air Bendungan Lekopancing sudah sedikit ditambah lagi banyak kebocoran. Akibatnya, makin tidak ada air yang sampai ke instalasi. Mesin pompa juga tidak bisa mengisap kalau air tidak banyak karena hanya lumpur yang diisap,” bebernya.
Kebocoran pada kanal bukan hanya karena faktor alam, tapi juga ulah warga sekitar yang disengaja. Air diambil oleh warga untuk kebutuhan areal persawahan mereka namun Baddar mengakui pihak PDAM tidak bisa begitu saja melarang warga memakai air. Namun harus dilakukan pendekatan agar tidak terjadi kericuhan di masyarakat.
”Untuk menutup kebocoran juga bukan ranah PDAM. Karena itu menjadi wewenang dari Balai Besar Air Pompengan. Kita hanya melaporkan untuk dilakukan perbaikan,” pungkasnya. (ari/mir/c)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top