Headline

‘4 Terlalu’ Picu Angka Kematian Ibu


MAKASSAR, BKM — Masalah kesehatan reproduksi saat ini mendapat perhatian secara global. Hal itu berlangsung sejak diangkatnya isu tersebut dalam Konferensi Internasional tentang Kependudukan dan Pembangunan (International Conference on Population and Development/ICPD) di Kairo, Mesir pada tahun 1994.
Isu strategis kesehatan reproduksi yang perlu diperhatikan saat ini, antara lain angka kematian ibu dan bayi perlu diturunkan sebagai upaya mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang berkualitas.
Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Hj Rini Riatika Djohari, diwakili Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Wardihan pada upacara memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2019, Jumat (20/9).
Dijelaskan bahwa, salah satu faktor yang memberikan dampak pada peningkatan angka kematian ibu adalah risiko ‘4 terlalu’. Yakni terlalu muda melahirkan di bawah usia 21 tahun. Terlalu tua melahirkan di atas 35 tahun. Terlalu dekat jarak kelahiran kurang dari 3 tahun. Terlalu banyak anak lebih dari dua.
”Persentase ibu meninggal yang melahirkan berusia di bawah 20 tahun dan di atas 35 tahun adalah 33 persen dari seluruh kematian ibu. Sehingga, apabila program KB dapat dilaksanakan dengan baik lagi, kemungkinan 33 persen kematian ibu dapat dicegah melalui pemakaian kontrasepsi,” terangnya.
Diakui, program KB di Indonesia telah menurunkan angka kelahiran rerata dari 5,6 anak per wanita usia subur pada akhir tahun 1960-an, menjadi 2,6 pada tahun 2012. Sementara di tahun 2017 menjadi 2,4 (SDKI).
Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia kali ini ini ditandai dengan senam Ge Mu Famire. Melibatkan peserta dari BKKBN Sulsel dan Pemkot Makassar. Mereka berolahraga di lapangan kantor BKKN Sulsel Jalan AP Petta Rani. Hal serupa dilaksanakan di 24 kabupaten/kotas se-Sulsel. (rls)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top