Headline

Dua Curanmor Ditangkap, Satu Ditembak


IST TEMBAK-Tim Opsnal Polsek Tallo mengamankan dua tersangka curanmor, masing-masing Panca Jaya Putra dan Asriadi. Tersangka Asriadi dilumpuhkan dengan tembakan pada bagian kaki.

MAKASSAR, BKM — Dua tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dibekuk aparat Polsek Tallo. Mereka adalah Panca Jaya Putra (21), warga Jalan Maccini Kidul. Dan Asriadi (24), beralamat di Jalan Kerung-kerung.
Satu di antaranya, yakni Panca terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas. Karena saat hendak ditangkap, dia mencoba melawan petugas dan berusaha melarikan diri.
Dalam catatan kepolisian, tersangka melakukan aksi curanmor di Jalan Pongtiku, Selasa (13/8). Korban bernama Wardi Nyolo (56), mengadu ke polisi, dengan bukti laporan teregistrasi nomor: LP/285/IX/2019/Restabes Mks/Sek. Tallo. Warga Jalan Pengayoman Mawar A5 ini mengaku kehilangan sepeda motornya di Jalan Pongtiku.
Polisi yang menangani kasus ini turun melakukan penyelidikan. Pada Sabtu (14/9) pukul 01.45 Wita, kedua tersangka diciduk di Jalan Pongtiku. Saat itu mereka tengah ngobrol dengan rekannya.
Kapolsek Tallo Kompol Amrin AT, mengatakan tim Opsnal Polsek Tallo melakukan penyelidikan terhadap pelaku curanmor yang menggasak satu unit sepeda motor milik korban di Jalan Pongtiku. Keberadaannya terdeteksi melalui motor yang digunakan pelaku.
”Saat dilakukan pengecekan terhadap laporan korban, anggota langsung bergerak melakukan pencarian di tempat nongkrong pelaku. Kedua tersangka ada di Jalan Pongtiku bersama barang bukti satu unit motor Honda Beat,” terang Kompol Amrin, kemarin.
Petugas kemudian melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan roda dua tersebut. Nomor rangka dan nomor mesin identik dengan motor milik korban. Hanya saja, plat nomornya tidak sesuai.
Setelah ditelusuri, ternyata nomor plat tersebut palsu. Begitu pula dengan warna motor, sudah diubah dari warna merah menjadi putih. Saat itu juga Panca dan Asriadi langsung diamankan.
Namun, proses penangkapan tak berlangsung mulus. Panca berulah. Ia berusaha kabur dan melawan petugas. Tiga kali tembakan peringatan diabaikannya.
Tak ingin hasil tangkapannya kabur begitu saja, aparat bertindak tegas. Dua peluru bersarang di kaki kanan Panca. Selanjutnya dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan medis.
Usai menjalani proses pengangkatan proyektil peluru di kakinya, tersangka dimintai keterangan. Dari penuturan Panca, ia mengaku melakukan aksi curanmor bersama Asriadi. Kala beraksi, Asriadi yang mengendarai motor. Sementara Panca berada membonceng di belakangnya.
Dari Jalan Maccini, mereka menuju Jalan Pongtiku. Melihat satu unit sepeda motor Honda Beat terparkir di depan rumah, pelaku langsung beraksi. Caranya, terlebih dahulu merusak kunci kontak dengan menggunakan kunci T lalu membawanya pergi.
Terpisah, tersangka Asriadi mengambil motor di Jalan Pongtiku. Honda Beat hasil curian mereka kemudian dibawa oleh tersangka Panca. Selanjutnya diubah warnanya, dan plat nomor dipreteli diganti dengan yang palsu. Plat aslinya dibuang ke sungai.
Saat ini kedua tersangka telah diamankan di Mapolsek Tallo bersama barang bukti satu unit sepeda motor Honda Beat. (jul/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top