Politik

KTP Anggota TNI dan Polri tak Bisa Digunakan


MAKASSAR, BKM–Surat edaran terkait Tahapan Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 mendatang telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar.
Dimana dalam surat edaran tersebut khusus bakal calon kepala daerah jalur perseorangan atau independen dengan mencerahkan foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.
Penyerahan syarat dukungan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati/Calon Walikota dan Wakil Walikota kepada KPU Kabupaten/Kota pada tanggal 11 Desember 2019 hingga 5 Maret 2020.
Ketua KPU kota Makassar, Farid mengatakan jika tahapan pilkada sudah bulan pada bulan Sepetmber mendatang, sementara 29 Oktober harus dilakukan syarat pencalonan kandidat wali kota baik itu yang mau jalur persorangan mapun partai politik.
“Pendaftaran jalur persorangan cepat dibuka karena kita akan melakukan verifikasi syarat dukungan yang harus harus memiliki waktu cukup panjangan,” kata Farid.
Dirinya menyebutkan dukungan KTP elektornik tidak semuanya bisa diverifikasi, karena ada yang tidak memenuhi syarat khususnya TNI dan Polri. “TNI, polri dan ASN tidak bisa memberikan dukungan,” ucapnya.
Sementara syarat dukungan kata Farid hingga saat ini regulasi pencalonan tidak ada. Tapi saat ini dirinya masih merujuk pada aturan tahun 2016 lalu. “Kalau kita masih menggunakan aturan 2016 lalu. Syarat dukungan yang jumlah pendudukannya diatas satu juta maka harus 6,5 persen. Tapi kalau dibawa satu juta 7,5 persen,”jelasnya.
Farid melanjutkan jika data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Makassar sebesar 976 ribu dan 80 ribu Daftar Pemilih Khusu (DPK) pada Pileg 2019 lalu maka kemungkinan akan melampaui satu juta. Apalagi kata pemilih pemula atau yang berusia 17 tahun terus bertambah hingga 23 September 2020 mendatang.
“DPT Makassar nanti kemunginnanya satu juta lebih, sehingga syarat dukungan 6,5 persen. Jadi Makassar kita ancang-ancang 65 ribu lebih syarat dukungan persorangan,”pungkas Farid. (rif)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top