Sulselbar

Kasus 13 Dewan Terpilih Ditutup


BARRU, BKM — Polres Barru menutup kasus dugaan ijazah palsu yang menyeret 13 anggota terpilih DPRD Barru periode 2019-2024 atas laporan LSM Laki belum lama ini. Setelah dilakukan penyidikan, penyidik menyatakan kasus ini tidak dapat dibuktikan sehingga ditutup dan tidak dapat dilanjutkan. Penyidik juga tidak menemukan adanya bukti kuat tentang tuduhan ijazah palsu tersebut.
Kapolres Barru AKBP Burhaman menjelaskan sebelum menghentikan perkara ini penyidik menyimpulkan berdasarkan hasil penyelidikan sesuai keterangan pelapor, ada 13 Caleg terpilih yang menggunakan ijazah strata satu saat melakukan pendaftaran Caleg DPRD Barru di Pileg 2019.
Hasil verifikasi berdasarkan Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) oleh L2 Dikti Wilayah IX Makassar delapan Ijazah Perguruan Tinggi Swasta tersebut dengan hasil 5 (lima) Ijazah atas nama mahasiswa HC, AW, AR, ER dan SY dinyatakan memenuhi syarat .
Sedangkan ijazah atas nama mahasiswa MI, JI dan AY dilakukan verifikasi di kampus asal dan hasilnya verifikasi berdasarkan Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) oleh L2 Dikti di kampus masing-masing ketiganya dinyatakan memenuhi syarat.
Penyidik juga memperoleh keterangan ahli dari L2 Dikti PT Wilayah IX Makassar menjelaskan PT memiliki hak mengakui keabsahan ijazah yang dikeluarkan dan kategori ijazah palsu adalah ijazah yang tidak dikeluarkan dan tidak diakui oleh PT bersangkutan.
“Kesimpulan terakhir penyidik menyatakan keaslian ijazah itu diakui masing-masing PT yang mengeluarkan Ijazah tersebut dan apabila proses penerbitan Ijazah ini ada kesalahan atau proses perkuliahan yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya, maka yang seharusnya bertanggung jawab adalah Perguruan Tinggi masing-masing, dimana locus delictinya di Makassar,” terangnya .( Udi)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top