Headline

Legislator Baru Target APBD 2020 Rampung Sebulan


MAKASSAR, BKM — Sebanyak 50 anggota DPRD Kota Makassar periode 2019-2024 telah dilantik, Senin (9/9). Walau baru menjabat, mereka sudah memasang target kinerja. Khususnya dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020.
Dalam sebulan ke depan, pembahasan tersebut ditargetkan bisa rampung. Namun, hal itu bisa terealisasi jika pembentukan fraksi sudah rampung, dan pimpinan dewan yang definitif sudah terpilih.
”Ada tiga hal penting yang harus segera dilaksanakan. Yaitu menyusun pedoman tata tertib, pembentukan fraksi, serta pembentukan pimpinan dewan definitif,” ujar Rudianto Lallo usai pelantikan di gedung DPRD Makassar.
Legislator Partai Nasdem ini ditunjuk sebagai ketua DPRD. Sementara untuk posisi wakil ketua dijabat Adi Rasyid Ali dari Partai Demokrat.
Rudianto yang kembali terpilih duduk di DPRD Makassar, berharap proses tahapan penting tersebut bisa diselesaikan. Karena ada kebutuhan yang mendesak, khususnya pembahasan RAPBD 2020.
“Saya mengharapkan kepada teman-teman di DPRD Makassar, setelah pelantikan hari ini, pengucapan sumpah atau janji maka segera membentuk fraksi. Karena setelah fraksi terbentuk akan menyusun alat kelengkapan dewan lainnya seperti komisi-komisi, badan-badan dan seterusnya. Dan yang paling utama adalah tentu saja penyusunan tata tertib DPRD,” terangnya.
Pembacaan sumpah dan janji 50 anggota DPRD Kota Makassar dilakukan Ketua Pengadilan Tinggi Makassar. Nampak hadir Penjabat Wali Kota Muh Iqbal Suhaeb, dua mantan wali kota, yakni Ilham Arief Sirajuddin dan Moh Ramdhan Pomanto. Hadir pula Ketua DPD Golkar Sulsel HAM Nurdin Halid dan legislator Senayan Samsu Niang.
Kehadiran dua nama terakhir di gedung wakil rakyat Makassar, karena anak mereka mengikuti proses pelantikan. Andi Nurhaldin dari Partai Golkar merupakan putra Nurdin Halid. Sementara Al Hidayat Samsu adalah putra dari Samsu Niang.
Al Hidayat bahkan menjadi anggota DPRD Kota Makassar termuda. Usia wakil rakyat dari PDI Perjuangan ini baru akan memasuki 24 tahun. Sementara legislator tertua adalah Hj Apiaty K Amin Syam. Srikandi Partai Golkar ini berusia 66 tahun. Suami Apiaty yang juga mantan Gubernur Sulsel HM Amin, hadir mendampingi sang istri.
Al Hidayat lahir di Watansoppeng, 18 September 1995. Ia alumni Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) di Universitas Negeri Makassar (UNM). Lolos pada pileg dari dapil tiga, yang meliputi Kecamatan Biringkanaya dan Tamalanrea.
Ditemui usai pelantikan, Hidayat berjanji untuk melaksanakan program terkait pengembangan kalangan millenial. Hal itu sejalan dengan upaya DPRD Makassar yang saat ini tengah menggodok ranperda kepemudaan. Meski begitu, ia tetap ingin mengkaji terlebih dahulu perda yang ada.
”Semua perda masih harus dikaji dulu. Termasuk ranperda yang belum selesai dibahas. Kita bersama anggota DPRD yang kemarin menyelesaikan yang lama, baru kemudian kita membuat peraturan yang baru terkait anak muda,” ujarnya.
Langkah awal yang perlu dilakukan, lanjutnya, adalah membangun komunikasi dengan anak-anak muda. Ini agar programnya dapat terlaksana. (arf/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top