Headline

Kadir Sebut Fachruddin, Andi Ina, dan Sofyan


MAKASSAR, BKM — Sejak Senin (9/9), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulsel menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Sebanyak tujuh kader mengikutinya. Mereka menjalani proses tersebut untuk posisi ketua DPRD Sulsel periode 2019-2024.
Dari tujuh nama yang bersaing saat ini, nantinya akan dipilih tiga nama. Selanjutnya akan dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar di Jakarta untuk ditetapkan satu orang.
Sebelumnya, Ketua DPD I Golkar Sulsel HAM Nurdin Halid telah menunjuk Abdillah Natsir sebagai ketua tim untuk menguji tujuh kader potensial tersebut. Mereka adalah Fachruddin Rangga, Andi Ina Kartika Sari, Sofyan Syam, Jhon Rendeng, Andi Hatta Marakarma, Rahman Pina, serta Zulkifli Zain.
Abdillah Natsir yang juga sekretaris DPD I Golkar Sulsel, menjelaskan bahwa tujuh calon pimpinan tersebut saat ini tengah menjalani fit and proper test.
“Timsel (tim seleksi) tengah bekerja memanggil masing-masing nama calon ketua, setelah menerima surat resmi dari DPD I. Berdasarkan hasil pleno, ketua memutuskan tujuh nama tersebut. Prosesnya sama dengan penjaringan pimpinan DPRD kabupaten/kota sebelumnya. Ada mengisi kuesioner. Ada mengisi biodata lengkap, lalu ikut fit and proper test. Materi tesnya terkait dengan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab ketika dia dipercaya oleh partai untuk jadi pimpinan DPRD Sulsel,” terangnya, kemarin.
Tahapan fit and proper test itu, kata Abdillah, paling lambat akan rampung dalam kurun waktu seminggu ke depan. “Paling lama satu minggu. Hasil fit and proper test menetapkan tiga dari tujuh nama calon pimpinan DPRD Sulsel. Tiga nama itulah yang akan dikirim ke DPP, untuk selanjutnya ditetapkan ketua DPRD Sulsel definitif,” pungkas Abdillah.
Sumber di internal Golkar Sulsel membocorkan tiga nama yang menjadi prioritas untuk dikirim ke DPP Golkar. Masing-masing Fachruddin Rangga, Andi Ina Kartika, dan Sofyan Syam.
Wakil ketua DPD I Golkar Sulsel HA Kadir Halid yang dimintai tanggapan terkait bocoran tiga nama yang akan dikirim ke DPP, hanya berujar pendek. “Iya, kemungkinan besar tiga nama tersebut,” ujarnya, Senin (9/9).
Seperti diketahui, kursi ketua DPRD Sulsel periode lima tahun ke depan menjadi milik Partai Golkar. Hal tersebut menyusul perolehan suara pada pileg 17 April 2019 lalu. Partai berlambang pohon beringin rindang ini berhasil meraih 13 kursi. Dengan raihan tersebut, Golkar mempertahankan posisinya sebagai pemimpin DPRD Sulsel yang saat ini dijabat oleh HM Roem.

Risman Diperiksa Polisi

Di tempat terpisah, kemarin, Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Muhammad Risman Pasigai menjalani pemeriksaan di Mapolda Sulsel. Juru bicara Golkar Sulsel ini hadir untuk memberikan keterangan kepada polisi.
“Saya sekarang di polda untuk menjalani pemeriksaan dan memberikan keterangan atas laporan Rusdin Abdullah,” ujar Risman Pasigai, Senin (9/9). Ia mengaku mendapat beberapa pertanyaan dari penyidik kepolisian.
Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa orang pengacara Rusdin Abdullah yang pernah tercatat sebagai bendahara DPD I Golkar Sulsel melapor atas pencemaran nama baik. Pihak Rusdin keberatan dan tidak menerima disebut mengirim ‘pengacau’ ke acara Musyawarah Daerah (Musda) Golkar Sulsel Juli lalu.
Atas dasar tudingan tersebut, Risman Pasigai yang kala itu menjabat ketua panitia musda kemudian dilaporkan ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik.
Meskipun Risman sudah menyampaikan permohonan maaf sesuai permintaan tim hukum Rusdin Abdullah saat itu, namun kasus tersebut masih berlanjut. Tim hukum menilai, pernyataan Risman saat terjadi kegaduhan di Musda Golkar, tidak mendasar. Terutama ungkapan kalimat ‘rudal pengacau’.
Menanggapi pemeriksaan Risman, Sekretaris DPD I Golkar Sulsel Abdillah Nasir berharap agar permasalahan tersebut bisa diselesaikan secara baik. Namun karena sudah masuk ke ranah hukum, Abdillah berharap bisa menemui solusi untuk damai.
“Terkait apa yang menjadi laporan kader kita, memang sudah memasuki wilayah pribadi. Bagi kami pimpinan Partai Golkar Sulsel, diharapkan bisa diselesaikan secara bijak dan persuasif,” imbuhnya. (rif)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top