Gojentakmapan

LBH APIK Ungkap Hubungan Lakilaki dan Perempuan


GOWA, BKM — LBH APIK Makassar diskusikan hubungan laki-laki dan perempuan berinterkoneksi-interkoneksitas dengan strategi pembinaan orangtua dalam menyiapkan anak menghadapi masa puber ke masa perkawinan.
Diskusi ini berlangsung di Kampung Camba, Kecamatan Barombong, Rabu (4/9). Tampil sebagai pemateri, masing-masing Emma Rahmayanti, RA Kartini serta Rezki Rosmaria, pendamping forum anak, dan Binmas Desa Kanjilo selaku pembanding.
Emma mengatakan, peranan orangtua dalam menyiapkan anak menghadapi masa puber menuju usia kawin, maka semasa usia anak-anak sudah bisa dibekali informasi tema-tema seksual dalam bentuk umum. Misal tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
”Yang membicarakan ini sejatinya ialah seorang ayah kepada seorang anak lakilaki. Memang demikianlah tabiatnya. Begitu pun seorang ibu sebaliknya, dialah yang merawat putrinya serta membicarakan tema seks kepadanya. Penjelasan mengenai permasalahan ini bertahap sesuai pertumbuhan anak,” katanya.
Emma mengungkapkan, diskusi ibu dan ayah tentang pendidikan seksual pada anak ini akan membantu mengembangkan watak kelakilakian pada anak lakilaki dan watak kewanitaan pada anak perempuan. Manfaatnya cukup signifikan.
Itu dilihat dari hasil riset menunjukkan, wanita-wanita yang mendapatkan pendidikan seksual dari ibu mereka lebih sedikit angka perceraiannya. Sebab mereka memiliki kemampuan emosional dan bakat kewanitaan yang sangat besar dibandingkan wanita-wanita yang mendapatkan pendidikan seksual dari orang lain.
Seperti tentang khitan atau sirkun sisi, haid, balig dan melahirkan bersama anggota keluarga secara normal saat sedang makan dan memanfaatkan berbagai momen kehidupan normal dan nuansa harian. Seperti pernikahan, persalinan, kehamilan yang bisa disambungkan pada salah satu anak. Hanya saja pembahasan seksualnya bersifat umum tanpa menunjuk kepada anak secara langsung. Manfaatnya kata dia, akan terbentuk pada diri anak-anak pikiran yang utuh tentang tema yang menjadi inti dalam pembahasan hubungan laki-laki dan perempuan.
Rezki Rosmaria pendamping forum anak, menyebut Allah telah meletakkan rahasia perbedaan bentuk, kemampuan dan bakat manusia di dalam partikel berwarna yang terkandung dalam sel yang disebut dengan gen. Sebagian gen terdapat dalam spermatosoa dan sebagiannya terdapat dalam ovarium. Dari pertemuan spermatosoa dan ovarium itulah terbentuk zigot yang memuat karakter-karakter dan sifat genetika seseorang. (zai/mir)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top