Headline

252,96 Gram Disita, Selamatkan 1.250 Generasi Bangsa


BKM/IRWAN MUSA RILIS KASUS-Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso (tengah) memperlihatkan barang bukti sabu yang diamankan dalam rilis kasus, Selasa (13/8).

LUWU, BKM — Senin sore (12/8) pukul 17.30 Wita, jajaran Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Luwu menggerebek kediaman seorang pengedar narkoba jenis sabu, Senin (12/8). Lokasinya di Desa Pompengan, Lamasi Timur.
Seorang bandar bernama Asrul alias Juli berhasil diringkus. Sabu seberat 252,96 gram disita.
Asrul dibekuk dari dalam sebuah rumah yang berada di Dusun Toke, Desa Pompengan, Lamasi Timur. Saat digerebek, polisi menemukannya tengah menimbang sabu di dalam kamar.
Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso melalui Kasatres Narkoba AKP Awaluddin, mengatakan penangkapan Juli dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat. Disebutkan bahwa sering terjadi transaksi jual beli narkoba di sebuah rumah di Dusun Toke, Desa Pompengan.
Menindaklanjuti informasi tersebut, personel Satres Narkoba Polres Luwu bersama anggota Polsek Walenrang Aipd Andi Irwan, mendatangi lokasi pada hari Senin (12/8). Mereka melakukan penyelidikan di sekitar rumah yang disebutkan ciri-cirinya.
”Kira-kira apukul 17.30 Wita, setelah ada tanda-tanda mencurigakan, langsung dilakukan penggerebekan di dalam rumah,” jelas AKP Awaluddin, Selasa (13/8).
Saat digerebek, ditemukan Asrul yang tengah berada di dalam kamar. Ia duduk sambil menimbang sabu sebanyak satu plastik besar dengan menggunakan timbangan digital.
Selanjutnya dilakukan lagi penggeledahan di dalam kamar pelaku. Ditemukan satu kantongan plastik besar berisi sabu. Semuanya disembunyikan di dalam lemari pakaian.
”Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengakui sabu tersebut rencananya hendak dipasarkan. Ia kemudian dibawah ke mapolres untuk proses hukum selanjutnya,” tandas mantan Kasat Reskrim Polres Palopo ini .
Selain sabu, polisi juga menyita sejumlah barang bukti lainnya. Yakni gawai, serta timbangan digital yang dipergunakan untuk menakar sabu.
Selasa siang (13/8), Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso merilis pengungkapan kasus ini. Bertempat di pelataran bagian reskrim. Ia didampingi Kasatres Narkoba AKP Awaluddin, Kasat Reskrim AKP Faisal Syam, KBO Reskrim Ipda Azis, serta Paur Humas Aiptu Akhmad Nadirin.
Dwi memaparkan, terhitung sejak 16 Juli 2019, jajaran Polres Luwu menggelar Operasi Antik. Hingga Agustus, sejumlah kasus berhasil diungkap. Mulai dari penyalahgunaan narkotika jenis sabu, pembunuhan, pencabulan, dan beberapa kasus yang sempat viral dan menjadi perhatian masyarakat Luwu.
Untuk kasus narkoba jenis sabu, kata Dwi, terakhir telah diungkap kasus bandar sabu dengan tersangka Asrul alias Juli. Dia dibekuk di Desa Pompengan, Lamasi Timur dengan barang bukti sabu seberat 252,93 gram.
Selain itu, Satres Narkoba Polres Luwu juga telah mengungkap pelaku pengedar narkoba jenis sabu di Desa Lamunre Tengah, Belopa Utara. Barang bukti yang diamankan sebanyak 13 gram sabu. Tersangkanya adalah Yusriani alias Uci, warga Kelurahan Walennae, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone.
Ditegaskan Dwi, Polres Luwu berupaya keras melakukan upaya penyelamatan generasi bangsa dari penyalahgunaan narkotika. ”Intinya adalah, jika 1 gram sabu kita cegah perederannya, berarti sekitar 5 orang generasi kita selamatkan. Jadi jika 252,93 gram sabu diamankan jajaran narkoba, itu artinya sebanyak 1.250 generasi bangsa kita selamatkan,” papar Perwira dua melati di pundaknya ini.
Sebagai kapolres, Dwi memberi apresiasi atas kinerja anggotanya di lapangan. Baik personel satres narkoba maupun satreskrim.
”Semua personel dengan SDM handal kita kerahkan untuk memberantas narkoba jenis sabu. Kita sudah melakukan pemetaan terhadap wilayah di Luwu yang rawan peredarannya,” tandasnya.
Selain kasus narkoba, Kapolres AKBP Dwi Santoso juga menjelaskan soal kasus pengeroyokan di Desa Balla, Kecamatan Bajo. Dia mengungkapkan, peristiwa tersebut berlatar belakang dendam dan sakit hati. ”Ada lima tersangka yang kita amankan. Mereka dikenakan pasal 338 subsider 170, dengan ancaman hukuman pidana 15 tahun,” tandas Dwi Santoso. (wan/rus/b)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top