Metro

Tim Dosen Fisika FMIPA Unhas Gelar Pelatihan di Kabupaten Bone

Tim dosen Fisika FMIPA Unhas menggelar pelatihan dalam rangka pengabdian masyarakat di SMAN 3 Bone.

BONE, BKM — Sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen Fisika FMIPA Unhas melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMAN 3 Bone, Sabtu (2/8/2019).

Kegiatan  yang diketuai Dr. Arifin, MT mengambil tema “Pelatihan Rancang Buat LED Running Text Berbasis Mikrokontroler untuk Meningkatkan Kewirausahaan Siswa SMAN 3 Bone”.

Pelatihan yang dimulai pada pukul 9.00 Wita ini, dibuka langsung  Kepala SMAN 3 Bone Drs. A. Abd. Gaffar, MM dilanjutkan dengan ceramah ilmiah oleh Prof. Dahlang Tahir, M.Si. dengan materi “Energi Baru dan Terbarukan”.

Setelah itu Prof. Bualkar Abdullah, M.Eng.Sc tampil dengan materi “Elektronika Digital” dan Prof. Syamsir Dewang, M.Eng.Sc. dengan materi “Kewirausahaan”.

Kegiatan dilanjutkan kembali pada pukul 14.00 Wita dengan materi “Pelatihan Rancang Buat LED Running Text Berbasis Mikrokontroler” yang dipimpin langsung ketua tim dan dibantu  Muh. Amzar, M.Sc. dan Ida Laila dengan jumlah peserta sekitar 70 orang dari siswa dan guru.

Pelatihan berjalan dengan lancar, siswa dan guru membuat rangkain LED dan LCD dengan tulisan berjalan yang diatur di komputer dan dilanjutkan dengan pelatihan pengontrolan LED Running Text berbasis mikrokontroler dengan pengaturan tulisan di smartphone.

Kegiatan yang didanai dari dana hibah PKM LP2M Unhas berakhir pada pukul 16.00. Acara penutupan ditandai dengan penyerahan hasil karya siswa berupa LED Running Text berbasis Mikrokontroler dengan tulisan selamat datang di SMAN 3 Bone yang diatur melalui smartpone. Hasil karya tersebut dipajang di sekolah dan dapat dijadikan sebagai alat praktikum siswa SMAN 3 Bone. (rls)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top