Sulselbar

Perda TBC Menuju Pleno


Djayadi Suleman

ENREKANG, BKM — Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) penanganan Tuberkulosis (TBC) sudah hampir final setelah Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Enrekang melakukan penggodokan.

Ranperda tersebut segera diajukan untuk diplenokan dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) guna mengoptimalkan penanganan penyakit TBC di Kabupaten Enrekang.
“Ranperda TBC yang kita godok selama ini sudah hampir rampung,” ujar Bahktiar Siampak di Gedung DPRD Enrekang, Selasa (6/8).
Ia berharap setelah Ranperda disahkan menjadi Perda, ratusan penderita TBC di daerahnya tuntas pengobatanya dan tidak ada penularan terhadap masyarakat lainya. Karena percuma membuat Perda kalau tidak diimplementasikan.
“Setelah Perda disahkan, pemerintah harus menuntaskan supaya TBC di Enrekang yang terdeteksi diobati secara kontinyu,” ujar Bahktiar.
Menurutnya, untuk mengimplementasikan Perda TBC pihaknya wajib menyiapkan dana pelaksanaan pencegehan TBC,”Pemerintah wajib menyiapkan dana setelah perda ini disahkan untuk sosialisasi pencegahan penyakit TB,”tambahnya.
Sebelumya, Ketua Pansusi I DPRD Enrekang Djayadi Suleman telah menyetujui Ranperda TBC menjadi Perda tahun ini,”Guna mengoptimalkan mengoptimalkan penaganan penyakit TBC Pansus I menyetujui Ranperda ini menjadi Perda,” tukas Djayadi. (her/C)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top