Metro

FKG Unhas Sempurnakan Kurikulum Sesuai KPT 2018

FKG Unhas menggelar Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi diikuti oleh dosen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG di Hotel Swiss-bell Makassar 13 hingga 14 Juli 2019.

MAKASSAR, BKM — Sesuai amanat UU No. 12 Tahun 2012 pasal 35 tentang Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi.

Kurikulum dikembangkan oleh setiap perguruan tinggi berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) untuk setiap program studi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia dan keterampilan.

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (FKG Unhas) telah merancang sejumlah progam terkait dengan pengembangan dan penerapan KPT di Program Studi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial.
Penerapan KPT tersebut diharapkan dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul dan berkarakter dan mempunyai nilai-nilai kebangsaan serta relevan dengan pembangunan nasional termasuk kebutuhan tenaga terdidik dan terampil di era revolusi industri 4.0 (revolusi industri generasi ke empat).

Dalam upaya untuk mendorong terwujudnya penerapan KPT berorientasi Era Industri 4.0 pada tanggal 13 – 14 Juli 2019 di Hotel Swiss-bel Hotel Makassar, telah diadakan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi diikuti oleh dosen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Universitas Hasanuddin.

Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi ini bertujuan untuk menyusun bahan ajar sebagai penghasil sumber daya manusia terdidik perlu mengukur lulusannya, supaya lulusan yang dihasilkan memiliki ‘kemampuan’ setara dengan ‘kemampuan’ (capaian pembelajaran) yang telah dirumuskan dalam jenjang kualifikasi KKNI.

Kegiatan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi ini dibuka drg. Muhammad Ruslin, M. Kes., Ph.D., Sp.BM.(K), selaku Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, dan diikuti seluruh konsulen PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas.

Dalam sambutannya Dekan FKG Unhas menyampaikan bahwa dalam menghadapi tantangan dan persaingan global, ratifikasi Indonesia di berbagai konvensi internasional serta menghadapi Globalisasi dan Era Industri 4.0 maka penerapan kurikulum dan CP berorientasi KKNI dan Era Industri 4.0 harus segera dilaksanakan, dan diharapkan lulusan perguruan tinggi menjadi lulusan yang unggul dan berkarakter serta meliliki kompetensi yang berhubungan dengan 3 (tiga) literasi baru yaitu : technology literacy, Big Data literacy serta Humanity literacy.

Ruslin menyampaikan tentang penelitian Bank Dunia kritik terhadap lulusan adalah english proficiency, leadership, organization, communication, higher order thinking, dan IT skills.

Pada kegiatan ini materi disajikan drg. Adam Malik Hamudeng, M.Med.Ed dan drg. Irfan Sugianto, M.Med.Ed., Ph.D., selaku fasilitator dengan topik Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi, Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester, student assesment dan serta Format contoh Penyusunan Rencangan Pembelajaran Semester (RPS) mengacu pada SN Dikti serta Strategi Pembelajaran.

Usai materi dilanjutkan dengan praktik pengembangan kurikulum dan diskusi yang cukup interaktif.

Setelah para peserta mendapatkan pengetahuan tentang sistematika penyusunan kurikulum pendidikan tinggi, maka dilanjutkan dengan sesi menyusun dan menyajikan kurikulum dari program studi (prodi).

Tindak lanjut dari workshop ini diharapkan agar setiap peserta segera menerapkan kurikulum mengacu SN Dikti dan berorientasi KKNI serta mengacu pada era industri 4.0. Peserta akan lebih intensif dalam menerapkan KPT, CP serta penilainnya secara berkelanjutan. (rls)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top