Politik

LAKI Laporkan Dugaan Kasus Ijazah Palsu Ke Polisi


BARRU, BKM–Bukan hanya pihak Bawaslu dan KPU yang menelusuri dugaan ijazah palsu 13 caleg DPRD terpilih Kabupaten Barru, namun ada ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) juga ikut melaporkan.
Kini pihak Polres Barru menerima laporan dari Ormas LAKI.
Ketua Ormas LAKI Barru, Andi Agus mengaku telah memasukkan laporan ke Polres soal dugaan ijazah palsu beberapa caleg terpilih DPRD Kabupaten Barru.
“Laporan persuratan yang dimasukkan Ormas LAKI dilayangkan ke Polres Barru sejak pekan lalu. Setelah surat ini masuk, tentu kami menunggu panggilan untuk dimintai keterangan,”ujar Andi Agus.
Menurutnya, dugaan ijazah palsu caleg terpilih ke Polisi, diakui belum ada nama secara rinci yang dilaporkan karena laporan masih bersifat umum.
Sebelumnya Ormas LAKI telah meminta dokumen di KPU, tapi tidak berhasil memperoleh data dari lembaga penyelenggara pemilu tersebut.
Tetapi Agus membeberkan jika pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak L2DIKTI. “Dari penelusuran kami ada data yang diperoleh dari Koordinator L2DIKTI jika ada 4 oknum anggota dewan terpilih yang masuk radar LAKI bahwa kuat dugaan memalsukan ijazah. Tetapi ke empat oknum calon anggota DPRD terpilih itu belum saatnya untuk dipublikasikan. Pokoknya LAKI akan terus melakukan penelusuran secara mendalam. Apalagi sekarang sudah menyurat ke Polres Barru, “bebernya.
Untuk ke sembilan caleg terpilih DPRD Barru yang masuk dalam 13 caleg bermasalah Ijazah nya. Lagi-lagi Andi Agus belum mau masuk ke sembilan caleg tersebut. Pokoknya yang A1 ditangan LAKI masih 4 orang oknum anggota dewan terpilih, “Tetapi tidak menutup kemungkinan diluar dari empat oknum caleg terpilih itu, bisa saja ada pihak lain yang memiliki data kuat bahwa dari 25 caleg terpilih ada 13 yang diduga terseret ijazah palsu, ” tandas Andi Agus.
Agus menambahkan bahwa jika oknum caleg terpilih DPRD Barru ini terbukti dalam kasus pemalsuan ijazah, maka bisa terjerat pasal 263 KUHAP dengan ancaman hukuman pidana penjara 7 tahun.
Sementara itu Kapolres Barru AKBP Burhaman yang berusaha dihubungi belum berhasil dimintai tanggapan (udi/rif/d)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top