Headline

JPU Kasus Lahan PWI Abaikan Fakta Persidangan

Faisal Silenang

MAKASSAR, BKM — Jaksa Penuntut Umum ( JPU) kasus lahan PWI Sulsel dinilai sepihak dan tidak berdasarkan fakta persidangan yang ada.
“Tuntutan ini kami nilai hanya dugaan dan asumsi yang menjustifikasi argumentasi jaksa untuk menyalahkan terdakwa secara sepihak. Tuntutan ini sama sekali tidak mengacu kepada fakta persidangan yang ada. Padahal, secara teori hukum tuntutan tetap mengacu pada fakta persidangan. Ada kesan, apa yang ada dalam tuntutan hanya mengacu pada BAP penyidik kepolisian,” kata Faisal Silenang dan Ridwan Jhoni Silamma selaku kuasa hukum dari Zulkifli Gani Ottoh, Kamis (4/7).
Lebih jauh Faisal Silenang menegaskan, dalam poin tiga tuntutan JPU yang memerintahkan terdakwa membayar uang pengganti, sama sekali tidak mendasar.
“Bagaimana mungkin membayar uang pengganti sedangkan tidak ada satu pun dalam fakta persidangan yang membuktikan klien saya mengambil uang sepeser pun di kas PWI Sulsel,” tegas Faisal.
Bukan hanya itu, kata Faisal, kliennya juga dijerat pasal 3 yang menyebutkan memperkaya diri sendiri. “Kalau memperkaya diri sendiri itu dibuktikan dengan bertambahnya aset, serta harta seseorang secara signifikan. Nah, aset dan harta klien saya tidak pernah bertambah selama menjabat ketua PWI. Dan itu terurai semua dalam fakta persidangan,” tegas Faisal.
Faisal juga menegaskan, dalam fakta persidangan Pemprov Sulsel sama sekali tidak pernah melayangkan teguran. Apalagi meminta lahan PWI Sulsel dikembalikan. Itu dibuktikan dengan kesaksian mantan serta kepala Biro Aset Pemprov Sulsel.
“Sekali lagi, ada 30 saksi yang menjalani sidang dan satu pun yang memberikan kesaksian kalau klien saya pernah mengambil uang dari PWI. Makanya saya kaget klien saya dituntut empat tahun enam bulan. Ini sama sekali tidak mendasar dan tidak mengacu pada fakta persidangan,” tegas Faisal.
Terakhir, Faisal meminta agar majelis hakim mengadili perkara ini secara fair dan adil. “Kami akan menempatkan fakta secara objektif. Dan semua tertuang dalam fakta persidangan,” tandas Faisal. (cha)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top