Headline

PPDB Jalur Prestasi Dimulai, Sistem Zonasi 24-28 Juni

MAKASSAR, BKM — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK saat ini tengah berproses. Pekan lalu, pendaftaran untuk jalur boarding school atau sekolah berasrama dibuka. Peserta yang lolos juga sudah diumumkan pada 15 Juni. Dan hari ini, Senin (17/6), mereka yang dinyatakan lolos melakukan pendaftaran ulang.
Ada tujuh sekolah yang termasuk boarding school. Yakni SMA 11 Pangkep, SMA 13 Pangkep, SMA 5 Gowa, SMA 6 Barru, SMA 11 Pinrang, SMA 17 Makassar, dan SMA 5 Parepare.
Selanjutnya, panitia PPDB SMA/SMK kembali membuka pendaftaran PPDB untuk jalur prestasi dan perpindahan orang tua. Pendaftaran mulai dibuka, Senin (17/6) secara serentak.
Pendaftaran PPDB 2019 untuk dua jalur tersebut tetap dilakukan secara daring hingga 21 Juni 2019 mendatang.
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo mengatakan, kuota untuk kedua jalur tersebut masing-masing 5 persen dari keseluruhan jumlah siswa yang akan diterima.
Pada jalur prestasi, menurut lelaki yang akrab disapa None ini, diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang mempunyai prestasi dalam lomba akademik dan non akademik. Hasil perlombaan yang diakui adalah pada tingkat internasional, nasional, provinsi, dan atau tingkat kabupaten/kota. Selanjutnya diberi bobot menurut tingkat kejuaraannya
Prestasi di bidang olahraga, seni, keagamaan dan kreativitas dalam bentuk perorangan maupun beregu yang diselenggarakan oleh pemkab/pemkot, pemprov, Kemendikbud, Kemenpora, Kemenag, lembaga pendidikan tinggi dan KONI, serta induk organisasi olahraga.
Jika terdapat kesamaan dalam pemeringkatan menurut bobot tingkat kejuaraan, maka penentuan peringkat didasarkan pada total Nilai Ujian Nasional (NUN). Jika total NUN juga sama, maka diprioritaskan kepada calon peserta didik baru yang mendaftar lebih awal.
Sementara untuk jalur perpindahan orang tua, ditujukan bagi calon peserta didik yang berdomisili di luar zonasi sekolah yang bersangkutan.
Pendaftaran melalui mekanisme ini diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang mengikuti perpindahan domisili orang tua/wali karena faktor bencana alam, bencana sosial dan warga transmigrasi dua tahun terakhir yang akan bersekolah di Kabupaten Luwu Timur.
Bukti dokumen ditunjukkan dengan surat keterangan pindah penduduk atau surat keputusan pindah tugas dari pejabat/atasan bagi TNI, Polri, ASN, BUMN, dan BUMD yang mengalami perpindahan tugas antarkabupaten/kota dan luar provinsi, dan atau surat penugasan dari perusahaan yang mempekerjakan.
Seleksi jalur perpindahan orang tua/wali ditentukan berdasarkan total NUN. Jika tetap sama, maka diprioritaskan calon peserta didik baru yang mendaftar lebih awal.
Selanjutnya, dan yang paling banyak ditunggu-tunggu adalah PPDB sistem zonasi. Jalur ini terbuka untuk umum bagi seluruh calon peserta didik yang sudah menamatkan SMP.
Rencananya, jadwal pendaftaran dan verifikasi data akan berlangsung 24-28 Juni 2019 melalui website Disdik. Pengumuman peserta didik baru yang dinyatakan lulus akan dilakukan pada 29 Juni 2019 mendatang, dan diwajibkan mendaftar ulang pada 1-3 Juli mendatang.
Mengantisipasi terjadinya server down atau bermasalah karena banyaknya yang membuka aplikasi PPDB di website e-Panrita, None mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan salah satu provider untuk memback up sistem dua kali lipat. Karena berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, khususnya pada hari pertama dan kedua pendaftaran dibuka, dipastikan data akan menumpuk dan banyak yang mengaksesnya.
Selain itu, lanjut None, pihaknya terus melakukan perbaikan aplikasi. Khususnya untuk menjamin keamanan.
“Karena berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, banyak sekali yang mau hack situs PPDB. Itu harus kami antisipasi,” tandasnya. (rhm/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top